Hidangan Wajib Menyambut Hari Raya Idul Fitri

  • Kamis, 21/05/2020 - 11:57 WIB
Sobat Souja, saat Hari Raya Idul Fitri tiba seluruh umat muslim di dunia menyambutnya dengan penuh suka cita. Berbagai tradisi Lebaran di Indonesia pun digelar untuk memeriahkan momen Idul Fitri. Namun, lebaran tahun ini mungkin agak sedikit berbeda karena adanya wabah virus Covid-19 yang mengharuskan kita untuk #DiRumahAja dan tidak dapat berkumpul dengan keluarga besar tercinta. Namun, bukan berarti kita tidak dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah tanpa mencicipi makanan khas Lebaran yang menggugah selera. Hmm apa saja ya menunya Sobat Souja? Yuk kita simak menu hidangan wajib menyambut Hari Raya Idul Fitri berikut ini.
 
1. Ketupat
 
ketupat
Source : kompas.com
Bisa dibilang, Lebaran kurang pas rasanya kalau tanpa ketupat. Ketupat Lebaran biasanya dihidangkan bersama makanan lainnya seperti opor, sambal goreng ati, atau semur. Soal tampilan dan rasa memang sederhana, namun ternyata ada makna khusus dibalik nama ketupat, yaitu kependekan dari kata Ngaku Lepat dalam bahasa Jawa, artinya mengaku bersalah.
 
2. Opor Ayam
 
opor ayam
Source : tstatic.net
Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain, bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Dari pembuatannya, opor ayam terdiri dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan. Lalu, ditambah dengan berbagai bumbu lain seperti serai dan kencur.
 
3. Rendang
 
rendang
Source : idntimes.com
Hidangan lebaran yang tak boleh dilewatkan adalah rendang. Umumnya, rendang dibuat dengan daging sapi, santan, dan rempah-rempah. Namun, rendang bisa juga dibuat dari daging ayam, paru, jamur, dan bebek. Proses memasak rendang memang memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.
 
4. Gulai Nangka
 
gulai nangka
Source : habismanis.com
Bagi masyarakat daerah Medan dan Aceh, gulai nangka menjadi menu andalan saat lebaran tiba. Gulai nangka dengan tambahan daging iga sapi ini biasa disantap bersama ketupat. Bumbu dan cara membuat gulai nangka sama seperti membuat gulai pada umumnya. Kamu perlu campurkan beberapa bumbu masakan, seperti ketumbar, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serta lengkuas.
 
5. Semur Daging
 
semur daging
Source : tokopedia.net
Semur adalah hidangan daging rebus yang diolah bersama kuah berwarna coklat pekat. Kuah semur terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombai, pala dan cengkih. Dalam proses pembuatan semur, kecap manis dari kedelai hitam asli menjadi bahan paling penting untuk menguatkan cita rasa semur.
 
6. Sambal Goreng Ati
 
Sambal ati
Source : grid.id
Satu lagi menu hidangan khas lebaran di Indonesia yang wajib disantap yaitu sambal goreng ati. Ciri khas sambal ini terletak pada bumbu sambal serta citarasa pedas, gurih, dan manis. Biasanya, masyarakat membuat sambal goreng ati dengan campuran potongan kentang kotak.

Duh pasti Sobat Souja di rumah udah pada gak sabaran deh, buat masak hidangan-hidangan di atas untuk disajikan saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Selamat memasak ya!

Sumber Artikel : Indozone.id

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.