Tips Memakai Makeup yang Aman Untuk Pengguna Softlens

  • Senin, 25/05/2020 - 14:22 WIB

Hai, Sobat Souja. Untuk kamu yang memiliki mata minus maupun silinder, penggunaan softlens dapat dijadikan solusi. Namun, saat memakai softlens, kamu harus berhati-hati pada saat ingin memakai makeup. Apalagi, kalau mata kamu sensitif. Untuk itu, yuk simak tips aman pakai makeup untuk pengguna soft lens!


Cuci tangan dulu

 

cuci tangan
Sumber: Tirto.id

Langkah pertama yang nggak boleh Sobat Souja skip adalah mencuci tangan dengan bersih! Hindari menggunakan produk yang oily, mengandung pewangi, pewarna, hand lotions atau apa pun yang bisa melekat di lensa kontak. Kalau Sobat memiliki alergi, beberapa orang menyarankan untuk memasang softlens setelah pakai makeup untuk menghindari scratch di softlens. Nggak cuma itu, ini juga membantu banget dikala kamu nggak sengaja menyentuh softlens dengan tangan yang udah terkena makeup. Jadi untuk menghindarinya, lebih baik memasangnya setelah pakai makeup.

 

Gunakan makeup hypoallergenic

 

makeup
Sumber: tulip magazine

Pastikan kamu menggunakan makeup hypoallergenic yang telah teruji, dan aman digunakan untuk pemakai softlens atau pemilik mata sensitif. Memang sih informasi itu nggak terpampang dengan tulisan yang kentara di kemasan, tapi kamu bisa melihatnya di jajaran ingredients-nya. Oh ya, penting banget nih untuk menghindari mengaplikasikan liner di area dalam lash line, karena ini bisa menghalangi dan menyebabkan infeksi pada kelenjar air mata, yang mana bisa mempengaruhi penghasil minyak penting. Hasilnya mata kamu jadi kering dan penglihatan kamu dengan lensa kontak jadi agak berbayang.

 

Jika kamu sudah terlanjur memakai softlens saat pakai makeup, aplikasikan eyeshadow dan eyeliner dengan hati-hati supaya tidak menggesek softlens. Supaya lebih aman, pilih eyeshadow yang teksturnya krim untuk menghindari serbuk eyeshadow masuk ke mata. Selain itu, penggunaan eyeshadow primer juga bakal membantu agar eyeshadow mudah menempel di kelopak mata.

Menggunakan maskara juga cukup tricky nih. Jadi, dari pada mengaplikasikannya dari pangkal bulu mata, yang bisa berisiko aplikatornya mengenai mata kamu, maka mulailah dari tengah bulu mata hingga ujungnya. Kalau bisa, hindari juga maskara yang mengandung fibers (serat halus – untuk ilusi bulu mata lebih tebal) yang mungkin banget partikelnya berjatuhan di dalam mata kita. Untuk formula maskara, jika kamu pemilik mata yang gampang banget berair, pastinya pilih yang water-resistant yang lebih smudgeproof dibandingkan hanya yang berlabel “waterproof”.

Nggak hanya riasan mata aja, makeup untuk area di luar mata juga partikelnya bisa masuk ke mata kita. Kamu pasti nggak pengen hal ini terjadi. Oleh sebab itu pilih pressed powder ketimbang loose powder. Tapi kalau hanya ada loose powder aja saat ini, jangan kecil hati, kamu bisa gunakan beauty sponge saat akan mengaplikasikannya di area mata sambil menutup mata ya.

Lepas softlens saat menghapus makeup

pus meap

Sumber: Popbela

Walau menggunakan eye makeup remover dan mengaplikasikannya selembut mungkin, ada kemungkinan cairannya mencemari softlens kamu. Supaya lebih aman, baiknya lepas dulu softlens yang kamu pakai, baru deh bersihkan makeup mata kalian.

Nah, itulah tipsnya, Sobat! Hati-hati selalu, ya!

Sumber: female daily


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.