Tips Memasak Santan Agar Lebih Aman

  • Senin, 01/06/2020 - 06:16 WIB
Sobat Souja, selama lebaran tentu kita tak asing dengan kebiasaan memakan makanan bersantan. Banyak orang yang berdalih bahwa kan sekali-sekali saat lebaran, tetapi bisa saja tahun itu kita memakan ketupat sayur untuk sarapan dan lainnya. Belum lagi kalau ditambah dengan makanan yang mengandung kolesterol.

Makanan bersantan memang sudah tak asing kalau bisa membawa akibat buruk pada kesehatan. Ini karena santan mengandung asam lemak dan trigliserida yang dapat dibakar oleh tubuh. Santan menjadi semakin buruk apabila diolah dalam waktu lama dan dihangatkan berkali-kali. Proses tersebut akan membuat lemak yang terkandung dalam santan berubah menjadi lemak jenuh.

Lalu, apa yang bisa dilakukan kalau harus terpaksa memasak dan memakan santan terus-menerus pada waktu lebaran ini? Nah ada beberapa cara yang bisa dilakukan nih agar memasak makanan bersantan menajdi lebih aman untuk tubuh:

1. Masukkan santan terakhir
 
masakan bersantan
source: line today
 
Saat memasak dengan santan, santan bisa dimasukkan terakir saat masakan akan matang. Jika santan dimasak terlalu lama maka santan akan mengeluarkan minyak dan lapisan minyak inilah yang berbahaya karena mengandung lemak jenuh, dan juga memasak santan tidak perlu terlalu lama.

2. Jangan masak berlebihan
 
opor
source: suara.com

Alasan ini bisa diterapkan pada semua maskan lebaran agar tidak berlebih. Dengan alasan di atas, disarankan untuk membuat masakan bersantan untuk memasak secukupnya sehingga mengurangi risiko pemanasan kembali.

3. Panaskan seminimal mungkin
 
masakan santan
source: tribunnews.com
 
Jika memang harus dipanaskan maka sebisa mungkin panaskan seminimal mungkin dan jangan sampai terbentuk lapisan minyak di atasnya.

4. Makanan pendamping

sayur-sayuran
source: radarpena.id
 
Makan makanan bersantan sebaiknya dibarengi konsumsi makanan berlemak tinggi dengan serat 2 kali lipat lebih banyak (sebaiknya lebih banyak serat dari sayur-sayuran), aktivitas fisik dan konsumsi, air putih yang cukup.

5. Gunakan bahan pengganti yang sehat

pengganti santan
source: tribunnews
 
Saat ini, banyak bahan makanan pengganti yang lebih sehat. Misalnya pengganti santan yang diperkaya dengan serat. Dalam beberapa jenis masakan Anda juga bisa menggantinya dengan susu.

Sobat Souja, hal ini cara-cara yang bisa dilakukan agar memasak makanan bersantan lebih aman. Cara ini sebaiknya tidak dilakukan saat lebaran saja, tetapi sehari-hari saat memasak menggunakan santan. Selamat mencoba, Sobat!

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200523163249-262-506262/agar-masakan-santan-khas-lebaran-tak-jahat-untuk-kesehatan

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.