Manfaat Kantung Teh untuk Kulit dan Wajah

  • Minggu, 31/05/2020 - 08:56 WIB
Sobat Souja, sehari-hari pasti pernah menggunakan kantung teh celup untuk hal lainnya selain membuat teh. Walaupun secara medis belum terbukti, tapi ada beberapa saran yang dipercayai orang mengenai manfaat dari kantung teh. Kantung teh celup bekas, mungkin pada kasus dan orang tertentu, bsia mengatasi masalah orang tersebut.

Sobat pun boleh mencoba menggunakan kantung teh celup bekas, tetapi bukan kantung teh yang lama dan bukan bekas orang lain. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah belum ada kontaminasi dari mulut orang lain dan masih bersih. Dilansir dair grid.id, berikut adalah manfaat kantung teh yang bisa kita pakai untuk kulit dan wajah:

1. Mengatasi mata panda dan juga kantung mata
ilustrasi kantong mata
source: genpi.co
 
Celupkan kantung teh bekas ke dalam air es hingga basah dan dingin. Letakkan sebagai kompres pada area kelopak mata yang ditutup rapat. Diamkan selama 10-15 menit. Lakukan ini 3 kali seminggu.

2. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
gigitan nyamuk
source: jpnn.com
 
Sejenis zat antihistamin yang terdapat pada kantong teh juga ampuh mengatasi rasa gatal dan kemerahan akibat gigitan nyamuk. Cukup usapkan ampas teh celup yang masih dalam kondisi hangat pada area yang digigit nyamuk dan biarkan mengering. Rasa gatal dan kulit kemerahan akan hilang.

3. Memulikan kulit yang terpapar sinar matahari
kulit terpapar
source: sulselekspres.com
 
Celupkan kantong teh bekas ke dalam air es dan gunakan sebagai kompres pada area kulit yang bermasalah. Lakukan ini secara berulang hingga kondisi kulit membaik dan ruam merah berkurang.

4. Mengatasi bisul
ilustrasu kantong teh
source: suara.com
 
Selain untuk kecantikan, kantong teh celup bekas juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Cukup gunakan kantong teh bekas yang masih basah sebagai kompres pada bisul. Kemudian diamkan hingga mengering. Lakukan hal ini secara berulang hingga bisul membaik dan kempes.

5. Membuat kulit wajah lebih kencang dan kenyal
ilustrasi kulit
source: yahoo
 
Ampas teh bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan kenyal. Caranya, bisa terapkan ampas teh yang masih basah ini pada wajah secara merata. Kemudian diamkan hingga semalaman agar meresap dengan baik. Keesokan harinya, bilas wajah dengan menggunakan air.

6. Digunakan sebagai lulur mandi atau masker
ilustrasi masker teh
source: goaceh.co
 
Keluarkan isi ampas teh dari kantongnya (sekitar 3-4 kantong). Kemudian campurkan dengan 1 sendok makan penuh tepung beras dan satu sendok makan lulur mandi kemasan. Aduk semuanya hingga merata dan jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air. Gunakan sebagai lulur pada seluruh tubuh dan dapatkan manfaat baiknya untuk kulit.

Sobat Souja bisa menggunakan kantung teh untuk manfaat berikut ini. Namun, apabila ada reaksi yang tidak nyaman dan aneh di tubuh, segera hentikan apa yang dilakukan, cuci dengan bersih di air mengalir, dan amati reaksi yang terjadi. Jika berlangsung lama, sobat bsia segera hubungi dokter. Selamat mencoba!

source: https://health.grid.id/read/352164776/6-manfaat-kantung-teh-celup-yang-dipercaya-masyarakat-untuk-kesehatan-hilangkan-mata-panda-hingga-bisul?page=all

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.