Masalah Kesehatan dari Sering Mengantuk dan Tidur

  • Sabtu, 30/05/2020 - 04:09 WIB
Sobat Souja, kadang kita menemukan teman kita tau diri kita sendiri mudah mengantuk dan sering tidur. Banyak yang menyebutnya sebagai kaum rebahan. Namun, kebiasaan sering mengantuk dan tidur ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang dialami.

Sobat yang merasa sering mengantuk harus mulai waspada. Mungkin, orang melihat kalau hanya mengantuk dan ingin tidur. Namun, masalah kesehatan ini jangan dianggap sepele karena bisa berakibat fatal sewaktu-waktu. Dilansir dari grid.id, berikut masalah kesehatan yang bisa menyebabkan orang mudah mengantuk dan sering tidur:

1. Depresi
ilustrasi depresi
source:brta.in
 
Sobat kalau hampir setiap hari tidur lebih awal dan setiap hari semakin cepat, maka perlu berhati-hati. Perasaan lelah yang konstan dan membuat penderitanya ingin segara tidur bisa menjadi tanda depresi. Depresi sendiri juga bisa mengakibatkan rasa ngantuk dan lelah sepanjang hari. Orang pun jika kita tidur cepat dan bangun lebih lama keesokan harinya, tapi masih merasa lelah. Tanda lainnya, jika ada orang yang lebih memilih untuk tidur cepat karena merasa tak tertarik melakukan apapun, itu bisa menjadi ciri-ciri menderita depresi di tahap awal. Kondisi ini tentu harus diwaspadai karena bisa memicu penyakit kardiovaskular.

2. Gangguan kelenjar tiroid
ilustrasi tiroid
source: tirto.id
 
Orang bisa mengantuk dan ingin segera tidur bisa karena kelenjar tiroid bekerja tidak optimal atau biasa disebut hypothyroidism. Hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh dan bisa menyebabkan pada organ lain seperti jantung. Orang perlu waspada jika mengalami mudah terlelap disertai rasa nyeri, tidak tahan dingin, serta mengalami sembelit. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, kita perlu segera memeriksakannya ke dokter.

3. Gangguan kelenjar adrenal
ilustrasi gangguan adrenal
source: swaranesia.com
 
Orang bisa mengalami dorongan tidur yang kuat dan mudah segara tertidur karena mengalami gangguan kelenjar adrenal. Kelelahan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan rasa gelisah serta mengantuk. Selain itu, gangguan ini juga disertai nyeri tanpa sebab, berat badan turun tiba-tiba, tekanan darah rendah, dan rambut rontok. Beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegahnya seperti lebih sering berolahraga dan meditasi. Sobat mengatur jam tidur juga diperlukan untuk menjaga kelenjar adrenal bekerja dengan optimal.

4. Sleep apnea
ilustrasi sleep apnea
source: pantau.com
 
Kondisi di mana adanya gangguan yang menyebabkan kita bernapas secara tiba-tiba saat tertidur disebut sleep apnea. Kondisi ini membuat kita saat malam hari sering terbangun karena merasa tersedak. Kondisi ini membuat penderitanya merasa mengantuk seharian dan lebih mudah tertidur. Hal ii wajar karena pada malam hari penderitanya sulit tidur nyenyak dan jam tidurnya kurang.

Sobat, hal-hal ini yang perlu diperhatikan apabila mengalami sering mengantuk dan sering tidur. Kondisi ini ada yang perlu ditangani lebih lanjut, karena ada risiko membuat masalah kesehatan lain yang lebih serius. Hal ini juga jika sudah sangat mengganggu keseharian. Yuk, mulai perhatikan kebiasaan kita!

source: https://health.grid.id/read/352045809/mudah-mengantuk-dan-sering-tidur-ternyata-tanda-adanya-masalah-kesehatan-ini?page=all

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.