Mengatasi Gatal Tanpa Sebab yang Jelas

  • Rabu, 03/06/2020 - 06:40 WIB
Sobat Souja, pernahkan merasa gatal-gatal tetapi tidak tahu penyebabnya? Ternyata bisa terjadi karena stres. Stres bisa memicu reaksi alergi pada tubuh sehingga saat stres bisa saja kita merasa gatal di tubuh. Reaksi alergi ini melepaskan bahan kimia yang membuat kulit membentuk bentol merah gatal pada kulit.

Stres yang tinggi membuat tubuh memunculkan ruam stres. Ruam ini bisa muncul pada siapa saja dan di bagian tubuh mana saja. Bentuk ruam ini sering terlihat seperti gigitan serangga atau gatal-gatal yang disebabkan alergi. Selain gatal karena makanan dan alergi, gatal bisa terjadi karena gigitan serangga, efek samping obat, dan paparan sinar matahari. Namun, sulit mengetahui alasan yang tepat dari gatal.

Penelitian tahun 2008 menemukan bahwa pada situasi penuh tekanan dalam jangka pendek menyebabkan bentuk gatal yang akut, kemudian tekanan keuangan, pribadi, atau profesional dapat memperburuk kondisi seseorang. Stres memang dapat memicu gatal-gatal, dan stres yang bertahan lama dapat menyebabkan kondisi kulit lebih buruk untuk waktu lama. Stres tidak hanya memicu gatal-gatal, tetapi juga memperburuk kondisi kulit lainnya, seperti jerawat, psoriasis, eksim, dan dermatitis seboroik yaitu gangguan kulit yang menyebabkan kulit bersisik dan berwarna kemerahan.

Gatal-gatal seperti ini bisasanya dapat hilang dalam waktu 24 jam, tetapi bisa muncul apabila dalam kondisi stres tinggi. Dilansir dari kompas.com, ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gatal yang muncul:

1. Minum obat
ilustrasi obat
source: kompas.com
 
Obat alergi atau antihistamin yang dijual bebas dapat membantu efek langsung dari gatal-gatal akibat stres, seperti mengurangi jumlah gatal-gatal dan rasa gatalnya. Sebab, antihistamin menghambat produksi histamin tubuh kita, dan mengatasi gejala yang berkaitan dengan gatal-gatal atau alergi.

2. Memperbaiki Kualitas tidur
ilustrasi tidur
source: kompasiana.com
 
Orang tentu sering mengalami kurang tidur sehingga mempunyai kualitas tidur yang buruk. Orang dewasa yang kurang tidur memiliki kemungkinan 21 persen merasa tertekan, menurut American Psychological Foundation. Sedangkan menurut National Sleep Foundation, kortisol atau hormon stres dapat menyebabkan kondisi kulit memburuk.

3. Berolahraga secara teratur
ilustrasi olahraga
source: brilio
 
Harvard Medical School menyatakan, olahraga seperti berlari dapat mengurangi adrenalin dan kortisol, dan melepaskan endorfin, yang meningkatkan suasana hati. Anxiety and Depression Association of America menyebut, latihan aerobik selama lima menit dapat mengurangi kecemasan.

4. Mengontrol tingkat stress
ilustrasi stres
source: bisnis.com
 
Rasa gatal yang dipicu oleh stress bisa membuat gatal-gatal menajdi lebuh buruk. Mengendalikan rasa stres yang datang menjadi penting karena bisa mengurangi gatal-gatal, bisa mengobati, dan menjaga kualitas diri.

Sobat Souja yang sering merasa gatal dan tidak tahu penyebabnya sebaiknya coba mengontrol stres. Mungkin saja hal itu karena stres dan tubuh mengeluarkan reaksi alergi. Namun, cobat bisa mengatasinya dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas.

Source: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/18/221009520/gatal-gatal-tanpa-sebab-bisa-jadi-tanda-stres?page=all

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.