Lakukan 5 Perubahan Sederhana agar Rambut Lebih Kuat

  • Kamis, 04/06/2020 - 07:19 WIB

Sobat Souja, Sehat tidaknya rambut dengan mudah dikenali dari penampakannya . Rambut yang tidak sehat akan tampak kusam, bercabang, kering hingga rontok berlebih. Selain stres dan penggunaan produk rambut yang salah, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan rambut.

Sebenarnya ada lima perubahan sederhana yang bisa kamu lakukan agar rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Berikut tipsnya:


1. Batasi memakai hair dryer dan pemanas rambut lainnya

 

batasi hairdryer
Sumber: Kumparan.com

 

 

Batasi menata rambut dengan pemanas seperti hair dryer, catokan, maupn pengeriting rambut, terutana jika kita malas melakukan perawatan rambut yang tepat dan rutin. Tidak hanya suhu tinggi yang dapat merusak rambut, tetapi sering menggunakan pengeriting rambut atau blower panas juga dapat membuat rambut menjadi rapuh dan rentan.

Terlalu sering menggunakan pemanas pada rambut, hampir sama saja dengan membiarkan rambutmu terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, atau mencuci rambut dengan air hangat.

2. Hindari mengeringkan rambut dengan handuk

 

handuk
Sumber: suara.com

 

Agar rambut cepat kering, biasanya kita memilih mengeringkan rambut dengan memerasnya. Namun, gesekan yang disebabkan oleh tekstur kasar handuk dapat menyebabkan ujung rambut kusut dan tidak halus.

Demikian juga halnya dengan membungkus rambut memakai handuk tebal agar kering. Cara ini justru dapat membuat rambut makin rontok.  Sebaiknya, diamkan rambut sampai kering. Atau gunakan kain yang lembut lalu lap rambut secara perlahan, jangan menggosoknya terlalu kuat dan biarkan rambut kering terkena angin.

3. Penataan rambut yang menarik akarnya

 

Sumber: buka review

 

Rambut mungkin akan terlihat baik-baik saja jika kita menguncirnya sekali-sekali untuk mendapatkan gaya rambut yang berbeda. Tetapi, mengenakan kuncir kuda yang tinggi setiap hari dapat menyebabkan kerusakan. Ini karena menguncir rambut dan mengepangnya dengan ketat menyebabkan tekanan pada akar rambut.

Ketika ini terjadi, genggaman helai rambut akan mengendur dan menyebabkan rambut rontok atau patah.

4. Pilih produk yang mengatasi masalah rambut

 

produk rambut
Sumber: Product Nation

 

Kita tidak cukup hanya menjaga rambut tetap bersih dengan sampo. Untuk mendapatkan rambut yang terlihat kuat dan terasa sehat, gunakan kondisioner yang membantu memperkuat folikel dengan penggunaan biasa.  Sebelum memilih perawatan rambut, kamu juga harus mencari tahu jenis rambut apakah kering atau berminyak.

5. Makan makanan yang kaya protein

 

protein
Sumber: dokter sehat

 

Lengkapi rutinitas perawatan rambut dengan nutrisi yang tepat untuk membantu meningkatkan kekuatan rambut. Studi menunjukkan bahwa nutrisi memiliki efek mendalam pada struktur dan pertumbuhan rambut.

Pelihara rambut dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, seperti telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Nah, itu dia 5 tips untuk menjaga rambut dari kerusakan. Yuk, diikuti demi rambut yang lebih sehat.

Sumber: kompas.com



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.