Tanda Imun Tubuh Sedang Lemah

  • Kamis, 04/06/2020 - 07:19 WIB
Sobat Souja, di masa pandemi, kita tentu diingatkan untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Sistem imun tubuh yang kuat menjadi hal yang harus diprioritaskan oleh semua orang. Saat imun tubuh lemah tentu virus atau bakteri yang masuk ke tubuh akan sulit dilawan. Hal ini membuat orang yang imunnya lemah lebih rentan tertular covid-19.

Kekebalan atau imun tubuh bisa dijaga agar tetap kuat. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti makan makanan yang sehat dan seimbang, tidur yang cukup dan berkualitas, stres terkelola, menghindari rokok dan alkohol, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, dan memperhatikan kebersihan makanan serta kebersihan pribadi. Namun, tak jarang, sobat sibuk dan lalai untuk melakukan hal di atas.

Sobat pun walau sudah melakukan anjuran itu, belum tentu bisa memastikan apakah daya tahan tubuhnya baik atau tidak. Dilansir dari kompas.com, berikut tanda-tanda yang harus diperhatikan kalau kekebalan tubuh sedang lemah:

1. Sering sakit
ilustrasi pilek
source: topcareer.id
 
Orang dewasa yang pilek sekali atau dua kali setahun adalah hal yang sangat normal. Namun, kalau sering tertular infeksi seperti flu, batuk yang lama sembuh, infeksi telinga, sinusitis bakteri, orang harus waspada. Ada pula orang yang menggunakan antibiotik jangka panjang dua kali setahun juga menunjukan bahwa penjaga tubuh kurang kuat untuk melawan patogen yang masuk.

2. Perut Kembung
ilustrasi perut kembung
source: tribunnews
 
Saat orang merasa sering kembung, perut begah, atau sembelit bisa menjadi tanda ada sesuatu yang tidak beres pada usus. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kekebalan menurun karena sistem pencernaan mewakili hampir 70 persen dari seluruh sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bakteri dan mikroorganisme (flora) bermanfaat yang hidup di sana melindungi usus dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

3. Sariawan berulang
ilustrasi sariawan
source: tempo.co
 
Sariawan berulang dan infeksi kulit lain bisa menjadi tanta kekebalan tubuh yang kurang baik. Kulit secara alami segera memperbaiki kerusakan setelah terjadi luka dan memar di tubuh. Tubuh meregenerasi kulit yang luka dengan mengirim darah yang bernutrisi ke luka. Proses penyeumbuhan luka ini tergantung pada sel-sel kekebalan yang sehat. kalau ada kekurangan penyembuhan akan melambat.

4. Selalu merasa lelah
ilustrasi lelah
source: sukabumiupdate.com
 
Tubuh juga secara alami akan memberi peringatan kalau sudah kelelahan dan tidak punya energi untuk melakukan apa-apa. Namun, kalau sudah cukup tidur dan tidak melakukan aktivitas berat tetap merasa lelah harus waspada. Gejala yang tidak menentu seperti nyeri sendi, mual dan penurunan nafsu makan, juga bisa jadi tanda ada masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Terutama pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh berhenti akan melawan faktor-faktor eksternal dan mulai memperlakukan jaringannya sendiri seolah-olah mereka adalah musuh.

Sobat Souja, itu dia tanda-tanda kalau kekebalan tubuh mulai kurang baik. Kalau mengalami tanda-tanda ini sebaiknya mulai minum vitamin, dan melakukan hal yang perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tetap jaga kesehatan dan imun tubuh, ya, sobat!

source: kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.