Ingin Bermental Juara? Terapkan 5 Tips ini!

  • Minggu, 02/08/2020 - 08:40 WIB
Sobat Souja, menjadi juara kerap kali tak semata - mata ditentukan oleh pencapaian. Menjadi juara justru dimulai dari mental. Jika mentalmu kuat, jalan menjadi juara terbuka lebih lebar. Bahkan, bukan juara semusim melainkan juara bertahan yang sukar dikalahkan dari waktu ke waktu. Tetapi bahkan saat kamu harus mengalami kekalahan, kamu akan tetap kalah dengan terhormat. Kamu tidak akan mempermalukan dirimu sendiri dengan menyudutkan orang lain dan tetap mengeklaim kemenanganmu. Syahdan, memiliki mental seorang juara memang tidak mudah. Tetapi tetap bisa dipelajari kalau kamu mau. Inilah 5 hal yang harus kamu tanamkan dalam dirimu jika kamu benar-benar ingin bermental juara seperti dikutip melalui IDN Times


Kalah atau Menang Merupakan Hal Biasa
Hal yang biasa dalam arti siapa pun bisa sewaktu-waktu mengalami kekalahan atau meraih kemenangan. Memang dalam setiap kompetisi, kemungkinannya hanya menang atau kalah. Dengan pandangan ini, kamu jadi tidak terlalu heboh saat merayakan kemenangan, juga tak terlalu sedih saat harus kalah.


Terima Kegagalan Sebaik Menerima Keberhasilan
Meski kegagalan terasa tidak menyenangkan dan menyesakkan dada, justru kamu bisa belajar lebih banyak darinya. Dan pelajaran-pelajaran yang bisa kamu petik dari setiap kegagalan itulah yang akan sangat membantumu meraih keberhasilan di kemudian hari.


Apresiasi Orang Lain
Jangan malah dengki lalu melemparkan ujaran-ujaran kebencian pada mereka yang lebih unggul darimu. Mereka adalah gurumu. Jadilah murid yang baik agar kamu bisa belajar banyak dari mereka.


Jangan Angkuh dan Jumawa
Misalnya, dengan mengolok-olok mereka yang kalah atau terlalu membesar-besarkan kemenanganmu. Bangga boleh. Senang sudah sewajarnya. Tetapi tetap kontrol dirimu dan secara langsung maupun tak langsung berikan penguatan untuk mereka yang kalah. Bahkan, sikapmu yang wajar sudah membantu yang kalah tak makin merasa kalah.


Terus Belajar dari Siapapun dan Tentang Apapun
Jangan pernah merasa sudah tahu segalanya. Dunia ini terlalu luas untuk bisa diketahui seluruh isinya dengan secepat itu. Terbukalah pada segala ilmu, siapa pun yang mengajarkannya, meskipun dari mereka yang lebih muda darimu. Cermatilah setiap kejadian di sekitarmu dan renungkan. Sebab tak satu pun perkara terjadi di dunia ini tanpa membawa pelajaran bagi yang mau merenungkannya.


Jika kamu sudah memiliki mental juara, pertahankan. Kalau belum, terus latih dirimu dengan kelima hal di atas.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.