Hai Sobat Souja, selama masa pandemi berlangsung saat ini masih belum ada sekolah yang mulai beroperasi untuk mengadakan kegiatan proses belajar " />

Cara Mengatasi Anak Yang Mulai Malas Sekolah Online

  • Senin, 03/08/2020 - 08:28 WIB
Hai Sobat Souja, selama masa pandemi berlangsung saat ini masih belum ada sekolah yang mulai beroperasi untuk mengadakan kegiatan proses belajar dan mengajar di tempat. Semua kegiatan belajar dilakukan secara online. Tidak ada kesempatan untuk temu tatap muka secara langsung. Meski demikian, mereka masih bisa bisa melakukan video call dan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun, mungkin sebagian dari anak Sobat kini sudah mulai jenuh dengan bersekolah secara online karena mereka jadi tidak bisa bertemu secara langsung dengan para teman sebayanya. Tapi jangan khawatir Sobat Souja, karena kali ini kita mau kasih tips nih cara mengatasi anak yang mulai malas untuk sekolah online, yuk mari kita simak di bawah ini!
 
1. Tidak Perlu Berekspektasi Terlalu Tinggi
 
ekspektasi tinggi
Source : kompas.com
Memiliki harapan anak mempunyai nilai yang tinggi rasanya sah saja. Orangtua ingin anak mendapat nilai yang pantas. Namun dengan keadaan pembelajaran jarak jauh sepeerti saat ini, itu berarti Mama dan Papa adalah pengajar bagi anak-anak saat berada di rumah saja. Jadi, sangat wajar apabila orangtua kesulitan menuntun anak belajar selama masa karantina. Jangan sampai orangtua jadi terbebani karena merasa tidak bisa mendidik anaknya dengan baik. Lebih baik, turunkan ekspektasi dan harapanmu pada anak. Sobat juga bukan guru yang bersertifikat. Sekolah online memang butuh penyesuaian dan adaptasi. Perlahan-lahan, Sobat Souja dan anaknya pasti terbiasa dengan sistem pembelajaran jarak jauh ini.
 
2. Fokus Pada Memperkuat Hubungan Orangtua Dan Anak
 
fokus pada anak
Source : shopee.co.id
Tetap fokus pada hubungan Sobat Souja dan anak yang menjadi hal terpenting. Tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi guru yang hebat atau mengetahui segalanya. Cukup menjadi dirimu. Membantu anak belajar sebisa yang Sobat bisa. Jangan jadi stres dan membuat anak merasa tidak nyaman karena hari-hari diisi oleh omelan dan makian. Ketika belajar di rumah, orangtua cenderung berusaha menjadi guru daripada menjadi orangtua. Hal inilah yang membuat anak jadi semakin malas sekolah dari rumah. Oleh karena itu, fokuskan diri Sobat Souja dalam membimbing anak sebagai orangtua daripada sebagai guru. Tentunya Sobat punya mantra yang indah agar si Kecil menurut pada apa yang diajarkan. 
 
3. Pahami Metode Let It Go Board
 
let it go board
Source : racoonbuzz.com
Metode Let it go board dapat melatih anak menghilangkan malas selama sekolah online. Langkah ini sangat simpel, bahkan orangtua bisa memantau apa yang tidak berjalan dengan cepat melalui papan ini. Jika ada tugas yang tak ingin dilakukan anak, beri mereka pilihan untuk menempelkannya pada Let it go board. Papan ini bukan berarti anak boleh tidak mengerjakan tugas itu. Ketika anak melihat bahwa banyak daftar tugas yang menumpuk dalam papan tersebut, ia akan merasa khawatir. Jika tumpukan semakin banyak maka akan memicunya untuk mulai mengerjakan tugas-tugasnya satu per satu.
 
4. Ganti Cara Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan
 
belajar menyenangkan
Source : solopos.com
Rasa senang tidak datang dengan sendiri, tapi diciptakan. Itu yang terjadi jika kita sedang membahas soal belajar bagi anak-anak. Sekolah online mungkin terdengar membosankan untuk banyak anak. Namun, Sobat Souja bisa membuat belajar anak menjadi lebih menyenangkan dengan caramu sendiri. Ketika anak malas belajar untuk ujian online, orangtua bisa bermain sekolah-sekolahan dan meminta anak untuk menjadi guru. Dari sini, anak bisa mencerna materi namun rasanya seperti permainan.
 
5. Orangtua Perlu Ingat, Proses Belajar Tidak Hanya Saat Anak Sekolah 
 
orang tua ingat
Source : media.suara.com
Di luar waktu sekolah online, anak juga tetap menjalani hidupnya, selama itulah anak terus belajar. Bisa terus mengetahui hal baru. Termasuk bermain bersama orangtua saat sekolah online sudah selesai, ini juga bisa menjadi proses belajar bagi anak.  Dengan mengingat hal ini, orangtua diharapkan tidak merasa terlalu khawatir akan pembelajaran online yang kini dilakukan anak-anaknya.

Nah, itu dia Sobat Souja tips-tips yang bisa Sobat lakukan di rumah guna mengatasi sikap anak yang sudah mulai malas-malasan untuk belajar secara online sekaligus juga memantau perkembangan intelektual anak selama bersekolah di rumah. Tetap semangat untuk mendampingi si Kecil di rumah ya!

Sumber Artikel : Popmama.com
 
 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.