Sobat Souja punya halaman kecil di rumah, tapi bingung cara menatanya agar tampak terlihat lebih luas? Jangan khawatir, Gak usah sampai manggil " />

DIY : Tips Bikin Halaman Rumah Kecil Menjadi Telihat Luas

  • Sabtu, 08/08/2020 - 09:15 WIB
Sobat Souja punya halaman kecil di rumah, tapi bingung cara menatanya agar tampak terlihat lebih luas? Jangan khawatir, Gak usah sampai manggil tukang kebun untuk membereskan masalah Sobat karena kali ini kita bakal kasih tips DIY buat Sobat Souja di rumah caranya menata halaman kecil agar tampak lebih luas dan indah pastinya. Penasaran seperti apa? Langsung aja yuk kita simak cara-cara berikut ini.
 
1. Rencanakan Penataan Ruang Halaman
 
penataan halaman
Source : kompas.com
Jika Sobat Souja memiliki halaman yang kecil, maka Sobat bisa membiarkannya menjadi ruang terbuka agar halaman tersebut terlihat lebih luas. Namun, ada cara lain yang lebih efektif, yaitu dengan menata perabotan dengan posisi yang tepat. Putuskan halaman rumahmu akan dijadikan untuk apa. Jika ingin membuatnya menjadi tempat untuk makan atau sekadar duduk santai, gunakan kursi dan meja, kemudian tambahkan batu di sekitarnya. Pisahkan tempat makan dan area bermain anak dengan pagar tanaman.
 
2. Buat Taman Vertikal
 
taman vertikal
Source : cloudfront.net
Manfaatkan halaman yang kecil sebagai ruangan untuk berkebun. Teknik taman vertikal dapat digunakan untuk menghemat ruangan. Pilih jenis tanaman obat-obatan, bumbu, sayuran, atau bunga yang merambat. Taman vertikal akan menciptakan suasana hijau nan segar serta membuat halaman Sobat Souja tampak lebih besar.
 
3. Manfaatkan Halaman Samping
 
halaman samping
Source : scdn.net
Bagian halaman samping yang berada di sisi rumah seringkali diabaikan, atau hanya digunakan  sebagai tempat pembuangan sampah atau kaleng bekas. Tanam berbagai tumbuhan di bagian halaman samping rumah atau tambahkan sebuah meja kafe yang ramping sebagai tempat minum kopi.
 
4. Ubah Halaman Kecilmu Menjadi Destinasi Di Rumah
 
destinasi halaman
Source : arstitekturia.com
Sebuah halaman kecil dapat terasa lebih besar jika Sobat Souja mengubahnya menjadi suatu ruangan yang dituju ketika pulang ke rumah. Isi halaman dengan peralatan untuk memanggang atau tambahkan aksesori seperti air terjun mini, perapian, dan sofa nyaman untuk membaca.
 
5. Pilih Pohon Yang Tepat
 
pohon rumah
Source : i1.wp.com
Sobat Souja tetap bisa menanam pohon di halaman kecil asalkan memilih jenis pohon yang tepat, yaitu yang pertumbuhannya tinggi ke atas, bukan melebar. Penggunaan semak-semak di sekeliling halaman juga dapat membuat halaman Sobat terihat lebih cantik tanpa harus menghabiskan banyak ruangan.

Nah itu dia Sobat Souja, tips yang bisa Sobat lakukan sendiri di rumah jika ingin memanfaatkan halaman kecil di rumah menjadi tampak lebih luas dan nyaman. Jadi gak harus memiliki halaman yang luas ya untuk bisa menikmati keindahannya, selamat mencoba sendiri di rumah ya!

Sumber Artikel : Rumah.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.