Waspada! 6 Kondisi Kuku ini Ungkap Masalah pada Kesehatanmu

  • Sabtu, 08/08/2020 - 09:14 WIB
Sobat Souja, kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa merefleksikan kondisi kesehatan tubuhmu, lho! Di bawah kuku terdapat banyak pembuluh darah kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga normalnya akan menimbulkan warna kemerah-merahan. Karena itulah warna tersebut bisa berubah-ubah sekaligus menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami penyakit serius. Dikutip dari CNN Indonesia, berikut makna dari kondisi dan warna yang berubah pada kuku yang harus Sobat ketahui. 


Kuku Biru
Jika kukumu berwarna biru kehitaman bisa saja menggambarkan kondisi bahwa anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Atau bisa juga menjadi tanda bahwa ada racun tertentu di tubuh Sobat. Kuku biru juga bisa menjadi karena efek samping obat-obatan tertentu atau tanda dari penyakit seperti asma, penyakit paru obstruksi kronis, anemia berat atau gangguan pembuluh darah tepi. 


Kuku Kuning
Kuku yang berwarna kuning dengan pembengkakan tangan bisa menjadi tanda bronkitis kronis. Tetapi umumnya warna kuning pada kuku menandakan penuaan usia dan kebiasaan buruk seperti merokok atau anda terlalu sering menggunakan cat kuku. 


Kuku Pucat
Jika kuku anda berwarna pucat ini bisa jadi anda mengalami anemia atau kurang darah. Tapi apabila kuku anda sudah sangat pucat, sebaiknya periksa ke dokter karena bisa juga merupakan tanda awal anda menderita diabetes atau gangguan pada liver.


Kuku Putih 
Sebenarnya kuku secara alami memiliki titik atau warna putih di ujungnya. Akan tetapi jika seluruh kuku berwarna putih, ini bisa menjadi tanda bahwa anda memiliki penyakit hati, gagal ginjal, diabetes atau gagal jantung kongestif. 


Kuku Mengelupas
Tidak banyak yang perlu dikhawatirkan dengan kuku yang kelupas. Jika kuku anda mengelupas, kemungkinan kuku anda terlalu banyak terkena uap air atau terlalu lama ditutupi cat kuku.


Garis Merah pada Kuku
Infeksi pada katup jantung dapat menyebabkan bercak pendarahan berwarna merah yang akan muncul di dasar kukumu. 


Jika warna pada kuku Sobat terlihat tidak normal dan disertai gejala-gejala tidak sehat seperti di atas, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan kondisi tubuh yang sebenarnya.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.