Ingin Matamu Lebih Sehat & Berbinar? Coba 6 Tips ini!

  • Minggu, 09/08/2020 - 08:28 WIB
Sobat Souja, ciri dari mata yang sehat adalah mata dengan kenampakan berbinar dan jernih. Dilansir melalui CNN Indonesia, mata yang jernih dan berbinar ditandai dengan bagian mata putih bersih atau sklera dan memancarkan kilau seolah bersemangat dan gembira. Lantas, bagaimana cara membuat matamu lebih berbinar? Simak tips di bawah ini, ya!


Tidur dan Konsumsi Air yang Cukup
 
  
 
Untuk mendapatkan mata yang jernih dan berbinar pastikan pula kamu tidur dengan cukup untuk mencegah mata tampak lelah, minimal 7 sampai 9 jam per hari. Jangan lupa, konsumsi air sesuai kebutuhan minimal 2 liter per hari agar kulit di sekitar mata tetap sehat. 


Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3
 
 
 
Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan, konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 efektif mengurangi gejala mata kering. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan omega-6 diantaranya adalah salmon, sarden, dan kacang kenari. Selain itu, kurangi makanan yang mengandung banyak garam. Pasalnya, garam dapat mengurangi air di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan mata kering dan juga inflamasi.


Masker Kantong Teh Celup
 
  
 
Jangan buang kantong teh celupmu, sebaliknya pakailah di sekitar area mata. Sebab, kantong teh dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kelelahan pada mata. Studi menunjukkan, polifenol pada teh memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea. Caranya, rendam kantong teh dalam air atau setelah diseduh, lalu dinginkan atau masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Letakkan kantong teh dingin di mata yang tertutup selama 10 menit.


Masker Timun
 
  
 
Buah timun mengandung antioksidan dan anti peradangan yang kuat, serta vitamin C yang dapat membantu menenangkan mata yang lelah. Timun juga dapat menyegarkan mata. Potong buah timun dan letakkan di area mata yang tertutup. Biarkan selama 10-15 menit.


Kompres Mata
 
  
 
Mengompres mata dengan handuk dingin juga dapat membantu membuat mata jernih dan berbinar. Kompres dingin dapat membantu menenangkan mata yang lelah dan menjaga mata dari iritasi. Kompres mata dengan handuk yang sudah direndam di air dingin selama 10-15 menit.


Hindari Udara Kering
 
  
 
Untuk mendapatkan dan menjaga mata jernih dan berbinar, hindari berada dalam udara yang kering dalam waktu yang lama. Udara yang kering seperti di dataran tinggi, gurun, dan pesawat terbang dapat membuat mata kering sehingga tampak lebih merah dan mudah mengalami iritasi. Hindari pula udara yang terlalu berangin, berasap, juga pengering rambut karena dapat mengurangi kelembapan mata.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.