3 Cara Penggunaan Tisu Antiseptik yang Benar

  • Selasa, 11/08/2020 - 09:33 WIB
Sobat Souja, tisu antiseptik menjadi salah satu perlengkapan penting sejak masa pandemi, karena berfungsi menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Tisu antiseptik kini layaknya hand sanitizer. Tisu yang didesain basah ini juga kerap digunakan karena dianggap bisa menggantikan aktivitas cuci tangan. Penggunaan tisu antiseptik pun lebih ampuh menghilangkan kotoran pada tangan. Berbeda dengan hand sanitizer yang membunuh kuman tanpa menghilangkan kotoran yang tampak.


Pada produk tisu, tisu antiseptik diaplikasikan pada tubuh. Melansir Healthline, antiseptik mengandung zat kimia yang disebut biosida--sebagaimana juga terdapat pada desinfektan. Hanya saja antiseptik memiliki kandungan biosidanya lebih rendah daripada desinfektan. Lantas, bagaimana cara menggunakan tisu antiseptik yang benar?


Penggunaan Hanya pada Permukaan
Karena peruntukannya untuk tubuh atau permukaan kulit, maka tisu antiseptik hanya bisa digunakan pada permukaan kulit. Membersihkan permukaan benda mati dengan tisu antiseptik mungkin dianggap sudah cukup, tetapi kenyataan sebenarnya tak begitu. Melansir dari Readers Digest, misalnya tisu antiseptik digunakan untuk membersihkan permukaan toilet umum, rupanya itu takkan ampuh mencegah pertumbuhan bakteri. Cara menggunakan tisu antiseptik yang tidak tepat justru akan menimbulkan rasa aman palsu, karena sebenarnya usapan ini sama sekali tak membunuh kuman apapun. Sobat harus melakukannya perlahan dan memastikan permukaan tetap lembab dalam jangka waktu tertentu. Antara 3 sampai dengan 10 menit bergantung jenis masing-masing antiseptik.


Tidak Boleh digunakan saat Sebelum atau Sesudah Makan
Hal lain, kadangkala tisu antiseptik digunakan sebelum makan. Sebaliknya, penggunaan tisu antiseptik justru tidak disarankan saat sebelum atau selama makan. Lebih lanjut, tisu bisa meninggalkan residu pada kulit dan tidak semua mikroba pula akan hilang dalam sekali gosok. Oleh karenanya, aktivitas mencuci tangan dengan air dan sabun untuk mencegah penyebaran bakteri, tetap harus dilakukan. 


Segera Buang 
Setelah dipakai, tisu sebaiknya tidak dipakai kembali atau dibuang. Kemudian pastikan penggunaan tisu desinfektan untuk membersihkan permukaan benda mati. Wakil Presiden American Cleaning Institute, Brian Samsoni turut mengingatkan, pastikan kamu hanya menggunakan tisu antiseptik saat tidak bisa menjangkau air dan sabun untuk mencuci tangan.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.