Makin Tenar di Era Pandemi, Apa itu Podcast & Cara Membuatnya? Simak yuk!

  • Sabtu, 15/08/2020 - 09:45 WIB
Sejak era pandemi melanda seluruh dunia, tren Podcast pun menjadi salah satu konten nan laris manis. Podcast juga disebut dengan berkas digital berupa audio, yang bisa diunduh untuk di dengarkan para pendengarnya. Ya, Podcast digemari karena begitu banyak informasi, berita serta edukasi yang tersaji. Yuk kenali tentang Podcast lebih lanjut, dan juga cara membuatnya agar dinikmati para pendengar. Melansir Fimela, berikut ini informasinya!


Podcast muncul pertama kali di dalam artikel  The Guardian tahun 2004, yang di tulis oleh Ben Hammersley. Podcast berasal dari kata Pod yang berarti Playable on Demand. Awalnya podcast dirancang untuk diputar pada Mac dan juga iPod. Podcast mulai popular pada tahun 2007, dan di Indonesia podcast mulai diminati pendengar sejak tahun 2012. Podcast bisa didengarkan saja melalui aplikasi, dan juga bisa ditonton melaui video, seperti orang yang sedang mengobrol. 
 
 
  


Orang yang membawakan podcast disebut dengan podcaster. Durasi podcast sendiri biasanya sekitar 10 menit hingga 90 menit, tergantung dari pembahasan yang dibawakan oleh podcaster. Podcast memiliki banyak kategori, mulai dari bisnis, pengembangan diri, edukasi, cerita horor, sandiwara suara, hingga curhatan tentang cinta. Podcast tersaji di platform video seperti Youtube serta aplikasi audio seperti Joox dan Spotify.


Cara Membuat Podcast

Podcast sarana untuk berbagai tentang apapun, bisa untuk sarana curhat dan berbagai tentang ilmu atau informsi. Untuk membuat podcast agar lebih baik, sebaiknya siapkan terlebih dahulu tema, materi atau topik pembahasan yang akan dibagikan melalui podcast. Banyak hal yang bisa dibahas melalui podcast, bisa jadi tentang hobi, isu terkini, dan hal-hal yang di sukai oleh publik. Hal ini bisa membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan podcast yang kamu buat.


Podcast bisa dibuat dengan gaya bicara dan tema yang sesuai dengan ciri khas dirimu, agar berbeda dengan podcaster lainnya. Sahabat Fimela membuat podcast melalui aplikasi seperti soundcloud maupun apple podcast. Soundcloud bisa diunduh di playstore atauoun appstore. Tak perlu menggunakan peralatan yang mahal, podcast bisa dibuat dengan aplikasi perekam suara dan pengedit suara. Untuk membuat efek audio yang tidak monoton, tambahkan musik yang sesuai dengan tema, namun jangan lebih dominan dari suara kamu ya.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.