Manfaat Memelihara Anjing, Bisa Menjadi Sahabat, lho!

  • Minggu, 06/09/2020 - 11:03 WIB
Sobat Souja, pasti ada kan yang memelihara anjing di rumah? 26 Agustus lalu diperingati sebagai hari anjing internasional, lho. Hari itu digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan amjing ini.

Anjing juga terkenal akan sifatnya yang setia dan bersahabat. Konon memelihara anjing baik untuk kesehatan dan kebahagiaan sobat. Sobat yang punya anjing pasti pernah merasakan rasa nyaman saat bisa bermain dengan anjing setelah pulang ke rumah.

Saat pandemi, para ahli memperhatikan bagaimana manfaat memelihara anjing terutama karena banyak aktivitas yang hrus dilakukan di rumah. Dilansir dari cnnindonesia.com berikut manfaat memelihara anjing:

1. Menjaga suasana hati
anjing
source: unsplash
 
Anjing memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati dan menjaga kesehatan mental. Mengutip dari Times of India, studi menemukan, orang yang memelihara anjing cenderung menjalani hidup lebih bahagia dengan sedikit rasa stres.

2. Membantu menjaga berat badan
anjing asu
source: unsplash
 
Anjing mendorong pemiliknya untuk rutin beraktivitas fisik. Hal ini dengan sendirinya membantu sobat untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Bukan hanya mengajaknya berjalan-jalan, tapi bermain dengan anjing juga bisa membakar banyak kalori. Studi menemukan, orang yang berolahraga bersama anjing lebih konsisten pada program olahraga yang dibangunnya.

3. Membantu bersosialisasi
anjing asu hond
source: unsplash
 
Anjing bisa membantu sobat mengatasi kesepian. Anjing bisa membuat sobat bertemu lebih banyak orang. Saat sobat mengajak anjing berjalan-jalan, sobat umumnya akan terhubung dengan komunitas besar pecinta anjing.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
anjing asu hond dog
source: unsplash
 
Mengutip Huffington Post, anjing tak hanya meningkatkan mood, tapi juga membantu jantung tetap sehat. Studi menunjukkan, memelihara anjing dapat membantu mengontrol tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang kesemuanya berkontribusi pada kesehatan jantung.

5. Membuat tetap bugar dan aktif
anjing asu hond dog puppy
source:unsplash
Ahli kesehatan menganjurkan orang dewasa untuk melakukan olahraga berintensitas sedang selama 150 menit setiap pekan. Orang yang memelihara anjing lebih mungkin mencapai tujuan tersebut. Selain itu, aktivitas bermain bersama anjing pada kelompok usia 70-80an menemukan bahwa lansia yang memelihara anjing memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan lebih jarang terkena penyakit.

Sobat yang memiliki anjing pasti pernah merasakan manfaat-manfaat ini, kan? Yuk, sayangi anjing kita. Selain setia, mereka juga bis amemberikan manfaat lain untuk kesehatan.

source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.