Kuota Boros Saat Gunakan Zoom? Simak Tips Berikut ini!

  • Selasa, 08/09/2020 - 08:03 WIB
Sobat Souja, sejak era pandemi di awal tahun 2020 ini sebagian masyarakat melakukan kegiatan secara daring untuk bekerja, belajar atau sekedar bertukar kabar. Tentu saja, kekhawatiran akan borosnya kuota internet terus menghantui, utamanya bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas WIFI di rumah. Nah, Zoom menjadi salah satu apikasi yang laris digunakan karena paling hemat kuota dibandingkan dengan Google Hangout atau Skype, mengutip riset dari Hutchison Tri Indonesia. 


Pengujian tersebut dilakukan dengan cara melakukan telekonferensi video selama 30 menit dan diikuti oleh 5 partisipan, dan memanfaatkan jaringan internet Tri. Namun, di sini Tri tidak menjelaskan secara rinci perangkat macam apa yang mereka gunakan dalam pengujian. Selain diklaim sudah hemat, ada cara yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi konsumsi kuota internet saat video conference dengan Zoom. Simak yuk tips berikut ini seperti dikutip melalui Kumparan


Matikan Kamera Ketika Tak dibutuhkan
Untuk rapat yang tidak diharuskan menampilkan wajah saat video conference, kamu bisa mematikan kamera untuk mengurangi koneksi internet yang terpakai. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan untuk mematikan fungsi kamera peserta lain, jika kamu yang menjadi tuan rumah rapat. 


Matikan kualitas video HD
Mengaktifkan tampilan video dalam resolusi HD (High Definition) memerlukan lebih banyak kuota internet. Jadi tak ada salahnya fungsi itu dimatikan ketika kualitas video bukan pertimbangan meeting, atau kondisi yang lagi susah sinyal. Untuk mematikan pengaturan video HD di Zoom, kamu bisa pergi ke Settings (ikon roda gigi) > klik Video di menu sebelah kiri > hapus centang pada kotak di sebelah enable HD. 


Gunakan Fitur Share Screen dan Virtual Background Hanya Saat dibutuhkan
Ada dua fitur andalan Zoom yang ternyata konsumsi banyak data internet. Fitur tersebut adalah Share Screen (berbagai layar) dan Virtual Background atau ubah latar belakang saat video conference. Pastikan untuk berhenti berbagi layar ketika tidak perlu lagi menampilkan presentasi. Minta juga pengguna lain untuk mematikan berbagi layarnya ketika sudah selesai. Sama halnya dengan Virtual Background bisa digunakan jika jaringan internet sedang dalam kondisi bagus. 


Mute Audio Saat Tidak Berbicara
Tidak seperti kamera, audio microphone tidak memakan banyak bandwidth. Meski begitu, tidak ada salahnya mematikan mic saat tidak berbicara demi menghemat kuota internet. Gunakan tombol Mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan mematikan audio microphone. 


Pakai Opsi Perekaman
Pengguna Zoom dapat memanfaatkan opsi perekaman video conference di layanan cloud yang dimiliki Zoom. Rekaman video akan langsung ditransfer ke layanan cloud, sehingga tidak perlu di-upload dari komputer yang kembali memakan kuota internet. 


Tingkatkan Kinerja Zoom
Untuk tips ini kamu bisa membatasi penggunaan internet di perangkat atau aplikasi lain saat melakukan video conference di Zoom. Hindari streaming video atau musik, menyalakan aplikasi game online, atau upload dan download file besar, karena semua aktivitas ini dapat menghambat kinerja Zoom saat telekonferensi.


Selamat mencoba, Sobat Souja!


Sumber: Kumparan

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.