Sobat Souja, tidak ada yang lebih menyakitkan selain memiliki sariawan di mulut. Meskipun bukan penyakit yang serius, sariawan dapat menyebabkan ketidaknyamanan " />

Cara Mudah Mencegah Terjadinya Sariawan

  • Senin, 14/09/2020 - 07:56 WIB
Sobat Souja, tidak ada yang lebih menyakitkan selain memiliki sariawan di mulut. Meskipun bukan penyakit yang serius, sariawan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam aktivitas sehari-hari, seperti makan, menyikat gigi, atau bercakap-cakap. Sariawan adalah lesi atau luka kecil yang biasanya muncul di mulut. Kondisi ini bisa muncul di dalam bibir, gusi, atau lidah. Nah, kali ini kita mau kasih tips buat Sobat Souja mencegah terjadinya sariawan, yuk kita simak di bawah ini.
 
penyakit sariawan
Source : hipwee.com
 
1. Merawat Dan Menjaga Kebersihan Mulut
Merawat dan menjaga kebersihan mulut merupakan cara mencegah sariawan yang sederhana, tetapi banyak orang yang kurang aware dengan hal yang satu ini. Menjaga kebersihan mulut dapat dilakukan dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, dan pastikan sikat gigi yang digunakan lembut, berkualitas baik, serta sesuai dengan bentuk mulut.
 
2. Menjaga Asupan Gizi
Mengonsumsi makanan yang bergizi bisa menjadi salah satu cara mencegah sariawan, misalnya seperti makanan asam dan pedas, maka Sobat Souja perlu membatasi konsumsi kedua jenis makanan tersebut.
 
3. Hindari Mulut Dalam Kondisi Kering
Mulut kering bisa menyebabkan sariawan. Lakukan perawatan mulut kering di bawah ini sebagai cara mencegah sariawan. Solusinya Sobat dapat membatasi asupan kafein dan berhenti merokok.
 
4. Hindari Stres
Jangan remehkan stres karena kondisi ini bisa menjadi pemicu kambuhnya sariawan. Jika stres adalah pemicu sariawan di mulut Sobat Souja, ambil langkah-langkah untuk mengurangi stres, seperti olahraga, relaksasi, dan meditasi.
 
5. Periksakan Ke Dokter Gigi Secara Teratur
Meskipun Sobat Souja tidak memiliki keluhan terhadap mulut dan gigi Sobat, ada baiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Jika ada kelainan pada gusi, kerusakan gigi, atau penyakit yang lebih serius, dokter dapat mendeteksinya sejak dini.

sariawan bengkak
Source : cloudfront.net
Sobat Souja, sariawan memang sering kali disebabkan oleh hal-hal yang sederhana, maka dari itu jangan lupa ya untuk menerapkan beberapa cara mencegah sariawan yang telah dijelaskan di atas. Coba lakukan beberapa cara tersebut guna mencegah terjadinya sariawan pada bibir Sobat. Semoga bermanfaat Sobat!

Sumber Artikel : Sehatq.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.