5 Sumber Protein yang Optimalkan Pembentukan Otot Setelah Berolahraga

  • Minggu, 13/09/2020 - 09:08 WIB
Sobat Souja, melakukan olahraga tentu membutuhkan stamina yang terkandung dari asupan nutrisi lengkap karena terjadi proses pembuangan kalori cukup banyak. Protein adalah sumber gizi yang bisa membantu pembentukan otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menambah kalori tanpa membuat berat badan naik. Makanan dan minuman yang mengandung protein sangat wajib dikonsumsi orang yang sedang diet.  Adapun sumber protein dibagi menjadi dua, yaitu protein hewani yang berasal dari hewan seperti telur, dan protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. 


Berikut jenis sumber protein nabati, yang baik dikonsumsi setelah olahraga, agar otot terbentuk dengan baik, dilansir melalui Fimela.com


Gandum
 
  
 
Gandum atau yang sering disebut dengan oatmeal, merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat. Sehingga makanan ini sering dikonsumsi, oleh orang yang sedang berjuang untuk diet. Selain mengandung serat, ternyata setengah cangkir gandum kering, memiliki kandungan sekitar 6gram protein. Gandum ini juga mengandung magnesium, zinc, fosfor dan folat. Gandum ini bisa dikonsumsi pada pagi hari setelah olahraga.


Sayuran Hijau
 
 
 
Sumber protein yang terakhir adalah sayuran hijau. Sayuran hijau sangat wajib dikonsumsi setelah olahraga. Selain membantu pembentukan otot, sayuran hijau juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau juga memiliki kandungan antioksidan, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran hijau yang bisa dinikmati adalah bayam, brokoli, sawi, kangkung dan lain-lain.


Kacang Merah
 
 
 
Kacang merah merupakan sumber protein nabati, yang cocok dikonsumsi setelah olahraga untuk membantu pembentukan otot. Karena kacang merah juga memiliki kandungan yang kaya akan serat, fosfor, vitamin B1, zat besi, potasium dan magnesium. Kandungan yang terdapat di dalam kacang merah, bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal, mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan menghilangkan kolesterol jahat. Kacang merah ini bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi sup.


Susu Kedelai
 
 
 
Susu kedelai terbuat dari olahan kacang kedelai, yang mengandung protein tinggi. Kandungan protein ini bisa membantu pembentukan otot di dalam tubuh. Susu kedelai juga memiliki kandungan potasiun, vitamin D, kalsium dan asam amino, yang berfungsi untuk mengontrol kolesterol, menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.
 
 
Biji Chia
 
 
 
Biji chia atau chia seeds, merupakan bahan makanan yang tinggi akan protein, yang baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga, untuk membantu pembentukan otot. Dalam satu sendok makan biji chia sama dengan mengonsumsi 3 gram protein. Biji chia juga memiliki kandungan lemak baik dan omega 3, yang berfungsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung.


Sumber: Fimela.com


 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.