Sobat Souja, salmon dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Organisasi kesehatan dunia World Health Organisation (WHO) " />

Manfaat Nutrisi Yang Terkandung Pada Minyak Ikan Salmon

  • Minggu, 13/09/2020 - 09:08 WIB
Sobat Souja, salmon dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Organisasi kesehatan dunia World Health Organisation (WHO) merekomendasikan konsumsi minyak ikan sebanyak 1-2 porsi per minggu. Namun jika Sobat Souja tidak bisa rutin mengonsumsi ikan dengan daging berwarna oranye ini, maka Sobat dapat menggantinya dengan minyak ikan salmon. Minyak ikan salmon adalah lemak yang diekstrak dari jaringan pada ikan salmon. Minyak ikan salmon biasanya mengandung 30 persen lemak omega-3, sedangkan 70 persen lainnya dibuat dari lemak lainnya. Berikut ini terdapat sejumlah manfaat nutrisi yang terkandung pada minyak ikan salmon, ada apa aja ya? Yuk kita simak di bawah ini.
 
minyak ikan salmon
Source : kumparan.com
 
1. Membantu Menekan Peradangan
Lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan salmon terbukti dapat menekan sistem imun di dalam tubuh dalam berlebihan merespons zat asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan peradangan. Beberapa studi memperlihatkan bahwa konsumsi minyak ikan salmon dapat menekan peradangan pada beberapa penyakit, seperti arthritis dan penyakit jantung.

2. Membantu Menaikkan Kadar Kolesterol Baik
Manfaat minyak ikan salmon lainnya adalah menurunkan kadar trigliserida dalam kandungan lemak total di dalam tubuh. Trigliserida adalah tipe lemak yang ditemukan dalam darah. Terlalu banyak trigliserida di dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya, konsumsi minyak ikan salmon secara rutin selama 4 minggu terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Dengan kata lain, minyak ikan salmon dapat meningkatkan konsentrasi dan komposisi kolesterol dalam darah Sobat Souja.

3. Meningkatkan Fungsi Otak Anak
Sobat Souja mungkin sudah sering mendengar bahwa DHA dapat membuat anak cerdas. Klaim tersebut bisa dibilang memang memiliki dasar yang kuat karena lemak omega-3 terbukti mampu memperbaiki dan meningkatkan kinerja sel-sel pada otak.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Otak Yang Terkait Usia
Selain berguna bagi otak anak, manfaat lemak omega-3 pada minyak ikan salmon juga bisa dirasakan oleh para lanjut usia. Pasalnya, fungsi DHA dalam regenerasi sel-sel otak juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit otak yang berhubungan dengan usia, misalnya Alzheimer dan Parkinson.

5. Melancarkan Peredaran Darah
Lemak omega-3 dalam minyak ikan salmon juga memiliki komposisi bernama nitric oxide yang mampu menstimulasi pembuluh darah. Stimulasi ini membuat aliran darah lebih lancar sehingga menggurangi risiko Anda terkena tekanan darah tinggi.
 
konsumsi minyak ikan salmon
Source : a.grid.id
Sobat Souja, minyak ikan salmon sendiri dikemas dalam berbagai bentuk, misalnya kapsul, tablet kunyah, maupun sirup. Mengonsumsi minyak ikan salmon sesuai dosis yang Sobat perlukan. Apabila dikonsumsi lebih banyak dari yang seharusnya maka tidak serta-merta membuat khasiat minyak ikan salmon juga bertambah banyak. Semoga bermanfaat ya!

Sumber Artikel : Sehatq.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.