Basque Cheesecake, Si Gosong yang Creamy dan Lumer di Mulut

  • Selasa, 15/09/2020 - 09:45 WIB
Hai, Sobat Souja! Cheesecake sudah lama menjadi salah satu jenis kue favorit di Indonesia. Rasanya yang lembut, creamy, dan gurih. Tampilannya pun cantik dengan warna dominan putih dan aneka topping cantik di atasnya.

Namun belakangan, sebuah cake keju dengan lapisan atas yang gosong kehitaman dan bagian yang cekung ke dalam. Tampilannya tak menarik namun rasanya enak dan tengah jadi tren saat ini. Perkenalkan basque cheesecake atau burnt cheesecake alias cheesecake 'gosong.'

Ini tentu saja terlihat dari bagian atas cheesecakenya yang gosong terbakar seperti layaknya creme brulee. Tapi apa sebenarnya basque cheesecake apa bedanya dengan jenis cheesecake lainnya?

Varian tart keju ini berasal dari wilayah Basque yang berada di antara perbatasan Prancis dan Spanyol. Daerah ini adalah 'rumah' bagi campuran pengaruh, masakan, tradisi, dan masyarakat yang berbeda.

Resep aslinya terdiri dari beberapa bahan: krim keju, krim, gula, telur, dan tepung.

Resep yang sudah terbukti dan terbukti selama puluhan tahun diciptakan dan dipopulerkan oleh Santiago Rivera, pemilik kafe San Sebastian pintxos La Viña.

Bedanya dengan cheesecake lain

Berbeda dengan cheesecake lainnya, basque cheesecake memiliki permukaan yang gosong di atasnya. Selain itu di bagian bawahnya tak ada lapisan sponge cake atau crust biskuit seperti cheesecake Amerika atau New York cheesecake.

Kue keju Amerika dipanggang pelan-pelan di bak air (au bain marie). Cheesecake Basque, sebaliknya, dipanggang tinggi dan cepat.

Suhu tinggi ini membentuk eksterior karamel yang berfungsi sebagai crust alami untuk kue keju. Basque cheesecake akan terasa lebih padat namun tetap lembut.

Rumit
 
g
Sumber: Spanish Sabores
 
Mungkin sekilas terlihat mudah, apalagi dengan melihat adanya tanda gosong. Mungkin Anda beranggapan kalau menjaga kue agar tak gosong lebih sulit daripada membuatnya gosong, analogi itu tak berlaku untuk membuat basque cheecake ini.

Mengutip berbagai sumber, bahkan bagi banyak chef dunia, kue ini bukan jenis kue yang mudah dibuat.

"Ini adalah salah satu hal tersulit yang pernah saya lakukan," kata kata mantan koki Alinea dan pemenang James Beard Award Dave Beran.

"Ada begitu banyak variabel: suhu bahan, cara Anda mencampurnya, waktu memanggang, dan waktu istirahat."

Hm, kelihatan enak, ya, Sobat. Cobain, yuk!

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.