4 Alternatif Pengganti Santan untuk Kontrol Kolesterol

  • Minggu, 27/09/2020 - 09:19 WIB
Sobat Souja, santan merupakan parutan buah kelapa yang diperas untuk mengekstraksi cairan berlemak tinggi. Santan biasanya digunakan untuk menambah kekayaan rasa saat memasak. Namun, ada pengganti terbaik untuk santan yang bisa kamu gunakan, karena kandungan kolesterol dan lemaknya sangat tinggi. Apa saja? Simak yuk! 


Susu Segar
 
  
 
Susu segar yang berasal dari hewan seperti sapi dan kambing etawa bisa dipakai untuk menggantikan santan. Susu segar juga sangat cocok untuk berbagai minuman dan makanan penutup dengan kandungan laktosa yang cukup tinggi. 


Susu Kedelai atau Almond
 
  
 
Susu kedelai atau susu almond dapat menjadi pengganti santan. Untuk menjaga konsistensi yang sama saat memasak, pertimbangkan untuk menambahkan lebih sedikit susu kedelai atau susu almond, daripada jumlah santan yang diminta. Atau kamu bisa menambahkan satu sendok teh tepung maizena untuk mengentalkan masakan.


Yogurt Yunani
 
  
 
Yogurt Yunani bisa digunakan sebagai pengganti santan, sangat baik untuk kari, sup, dan hidangan yang gurih. Namun, ada hal yang perlu diingat, merebus yogurt akan membuatnya pecah dan mengental, sehingga pastikan untuk terus mengaduknya hingga kamu selesai memasak.


Krim kental
 
  
 
Krim kental memang meniru rasa santan yang kaya dan lembut, namun karena krim lebih tinggi lemak daripada santan, sebaiknya diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Tambahkan setengah cangkir air untuk setiap satu cangkir krim kental.


Sumber: Fimela.com





About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.