Tips Atasi Pertengkaran Kakak - Adik Saat #dirumahaja

  • Sabtu, 26/09/2020 - 15:51 WIB
Sobat Souja, pertengkaran antara kakak beradik memang merupakan hal yang kerap terjadi sebagai drama dalam keluarga. Namun demikian, jika pertengkaran terjadi terus menerus dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Pada masa pandemi Covid-19 ini, keluarga harus mampu membuat kakak beradik menjadi teman bermain yang akur lantaran mereka tak bisa berjumpa dengan teman sebayanya di luar rumah. Saat perkelahian tak bisa dihindari, orang tua juga memainkan peranan penting untuk membuat anak dapat mengelola emosi dan menyelesaikan konflik dengan baik sehingga dapat akur kembali. Anak-anak juga mesti mengambil pelajaran dari konflik yang mereka lalui. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk saudara kakak beradik lebih akur.


Selesaikan dengan Pikiran Terbuka dan Dingin
Orang tua juga harus menjaga emosi saat melihat anak bertengkar. Tenangkan pikiran untuk bisa mengambil langkah yang lebih jernih agar masalah dapat diselesaikan dengan baik dan tak ada pihak yang merasa dirugikan. Satu hal yang paling penting, berikan kasih sayang yang merata pada anak. Ajarkan pula anak untuk saling menyayangi dan tolong menolong satu sama lain. Tumbuhkan empati pada anak sejak dini.


Bicara Tatap Muka
Ajak anak untuk bicara tatap muka secara personal dengan rutin. Cara ini dapat membuat anak merasa dihargai dan tidak ada persaingan antara satu sama lain. Beri perhatian saat bicara pada anak. Puji anak jika melakukan hal baik dan tegur saat melakukan hal yang buruk.


Bersikap Adil
Cobalah untuk bersikap adil dan tidak memihak kepada siapa pun saat membantu anak menyelesaikan konflik. Studi menunjukkan orang tua cenderung lebih berpihak pada anak yang lebih muda.


Bijak Kapan Harus Turun Tangan
Orang tua harus tahu kapan sebaiknya untuk ikut campur dalam hubungan kakak beradik. Ahli perkembangan keluarga Profesor Jonathan Caspi menyarankan orang tua untuk mengabaikan perkelahian sederhana. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang pada anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Namun, saat anak sudah melibatkan kekerasan fisik juga kata-kata kasar, orang tua harus menengahi anak dan memberikan pemahaman untuk menyelesaikan konflik tersebut. Larang anak menggunakan kekerasan fisik dan juga kata-kata kasar. Orang tua dapat bertindak sebagai mediator untuk menyelesaikan konflik. Ajak anak duduk bersama untuk menyelesaikan masalah.


Jangan Membandingkan
Hindari pula membandingkan anak satu sama lain. Perbandingan yang diciptakan orang tua justru sering kali menjadi pemicu konflik pada saudara kandung. Sebaiknya, diskusikan bersama kondisi dan masalah yang sedang dihadapi secara jujur dan berikan alasan-alasan sehingga anak paham.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.