Cara Membuat Fondant Rumahan untuk Hiasan Cake

  • Senin, 05/10/2020 - 12:07 WIB
Hai, Sobat Souja! Fondant merupakan salah satu hiasan yang sering dipakai untuk melapisi kue tart serta ornamen kue dengan aneka bentuk. Bahan baku fondant adalah gula bubuk dan gelatin. Hiasan kue ini tersedia di toko bahan kue. Harga fondant terbilang cukup mahal. 

Jika ingin lebih irit, kamu bisa bikin sendiri fondant di rumah. Gunakan mixer atau tangan untuk mengaduk campuran adonan fondant. 

Tambahkan gliserin agar fondant lembut dan kenyal. Pastikan untuk menggunakan gliserin food grade sebagai pelembut fondant.

Berikut ini resep fondant dari The Spruce Eats, selamat mencoba! 

Resep fondant
 
d 
Sumber: Sugar Geek Show 
Bahan: 
1 sendok makan gelatin (1 amplop, atau 1/4 ons) 
1/4 cangkir (62,5 ml) air dingin 
1/2 cangkir (125 ml) sirup jagung 
1 sendok makan gliserin 
1 sendok makan perisa makanan bening 
2 pon (907 gram) gula halus 

Cara membuat fondant 
1. Siapkan bahan-bahannya. 

2. Tempatkan air dingin dalam mangkuk kecil tahan panas dan tambahkan gelatin. Aduk hingga tercampur. Biarkan gelatin mengeras dan lembut selama dua menit. 

3. Setelah mengeras, masukkan gelatin ke dalam microwave selama 15 detik. Biarkan mencair, tetapi jangan sampai mendidih. 

4. Setelah cair, tambahkan sirup jagung, gliserin, dan perisa makanan ke dalam gelatin. Panaskan kembali di microwave selama 15 detik, lalu aduk kembali sampai campurannya halus dan bening. 

5. Tempatkan 1,5 pon gula bubuk ke dalam mangkuk mixer. Buat lubang di tengahnya. Tuang campuran gelatin ke dalam lubang yang dibentuk.

6. Mulailah mengaduk adonan dengan kecepatan rendah sampai gula dan gelatin tercampur rata. Adonan akan menjadi lengket. 

Kemudian tambahkan sisa gula sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Adonan akan menjadi lebih kaku. Kikis adonan yang menempel di sisi mangkuk agar tercampur sempurna. 

Sampai tahap ini, fondant akan menjadi kaku, tetapi masih sangat lengket. Itu normal. Bungkus rapat dengan cling wrap dan diamkan pada suhu kamar selama 24 jam. 

7. Setelah 24 jam, buka bungkus fondant dan uleni hingga halus. Sekarang fondant siap untuk dipipihkan. Taburi meja kerja dengan gula bubuk atau tepung maizena, lalu gilas fondant di atasnya. 

8. Fondant yang tidak digunakan dapat dibungkus rapat dengan cling wrap. Simpan pada suhu kamar selama beberapa minggu. Uleni dengan baik sebelum digunakan.

Tidak rumit, kan? Yuk buat fondant di rumah dan kreasikan sesuka hatimu, Sobat!

Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.