Hai Sobat Souja, apakah Sobat pernah mencicipi yoghurt? Jika iya, seberapa sering Sobat mengonsumsinya? Yoghurt sendiri merupakan produk olahan
" />

Kenali Manfaat Mengonsumsi Yoghurt Setiap Hari

  • Rabu, 14/10/2020 - 09:38 WIB
Hai Sobat Souja, apakah Sobat pernah mencicipi yoghurt? Jika iya, seberapa sering Sobat mengonsumsinya? Yoghurt sendiri merupakan produk olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Rasanya yang sedikit asam menjadikan yoghurt cukup digemari banyak orang. Pilihan rasanya juga kini sudah beragam, ada rasa jeruk, blueberry, strawberry, dan masih banyak varian rasa buah lagi. Selama ini, yoghurt dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi probiotik dan bakteri lainnya untuk kesehatan. Tapi, tahukah Sobat bahwa jika kita mengonsumsi yoghurt tiap hari maka kita akan mendapatkan manfaat yang dapat menangkal virus loh! Penasaran info lengkapnya seperti apa? Yuk, kita simak bersama di bawah ini.
 
manfaat yoghurt
Source : tetrapak.com
 
1. Menurunkan Risiko Kanker Paru-Paru
Baru-baru ini, penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan risiko kanker paru-pari hingga 20 persen. Bahkan, bila diikuti dengan diet yang tepat, bisa menurunkan risiko hingga 30 persen. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa beberapa kandungan probiotik dan bakteri di dalamnya memiliki zat-zat untuk menangkal penyebab radang dan sel kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih bagi wanita. Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi yoghurt lebih dari lima kali dalam seminggu, terlebih jika dibarengi dengan diet akan mendapatkan risiko darah tinggi lebih rendah hingga 20 persen. Yoghurt dengan kandungan gula lebih rendah akan memberikan hasil yang lebih baik.

3. Mencegah Osteoporosis
Berbicara mengenai kesehatan tulang, zat utama yang dibutuhkan adalah vitamin D dan kalsium. Ternyata, di dalam segelas yoghurt juga mengandung zat tersebut. Rata-rata, Anda bisa mendapatkan kalsium, protein, potasium, fospor dan vitamin D. Semua vitamin dan mineral yang ada merupakan zat yang berperan penting untuk kesehatan tulang, dan dapat mencegah osteoporosis.

4. Memperkuat Sistem Imun
Selain probiotik yanng ada, kandungan zat mineral lainnya seperti magnesium, zinc, selenium juga ada di dalam yoghurt. Karenanya, pengonsumsian secara rutin memiliki peranan penting bagi kesehatan, serta dapat meningkatkan sistem imun sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin D yang ada dalam yoghurt juga telah dipelajari dapat membantu pencegahan flu dan demam.

5. Menurunkan Tingkat Alergi
Keajaiban yoghurt lainnya adalah bisa membantu mencegah terjadinya alergi. Saat alergi, IgE (Immunoglobulin E) yang merupakan sebuah antibodi dalam darah akan menstimulasikan histamin yang dapat menyebabkan hidung dan mata berair, bersin-bersin dan masalah kulit lainnya. Ternyata, dalam yoghurt ada kandungan bernama Lactobacillus casei yang dapat menurunkan tingkat IgE sehingga sistem imun juga dapat menangkal zat alergen lainnya.
 
yoghurt sehat
Source : cloudinary.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika Sobat mengonsumsi yoghurt setiap hari. Cocok banget kan dijadikan sebagai cemilan sehat di masa pandemi seperti saat ini. Biar rasanya tambah enak lagi, Sobat bisa loh menambahkan potongan buah segar sebagai pelengkapnya, dijamin deh rasanya jadi makin segar dan pastinya sehat! Semoga bermanfaat ya Sobat Souja.

Sumber Artikel : Liputan6.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.