Hai Sobat Souja, siapa sih yang gak pernah makan dinsum? Rasanya yang nikmat dan teksturnya yang lembut memang susah untuk ditolak. Hidangan asal Tiongkok ini
" />

Intip Resep Cara Membuat Dinsum Mentai Yang Lumer Di Mulut

  • Kamis, 15/10/2020 - 11:36 WIB
Hai Sobat Souja, siapa sih yang gak pernah makan dinsum? Rasanya yang nikmat dan teksturnya yang lembut memang susah untuk ditolak. Hidangan asal Tiongkok ini punya jenis dan isian yang bermacam-macam. Ada daging ayam, daging babi, udang, hingga cincangan kepiting. Namun, apakah Sobat Souja pernah mencicipi dinsum dengan topping yang lagi viral saat ini, yakni dinsum dengan topping saus mentai? Dari pada penasaran rasanya kayak apa, mending kita coba buat sendiri di rumah yuk! Simak resep dan cara membuatnya di bawah ini ya.
 
dinsum mentai lezat
Source : tokopedia.net.
 
Bahan Dimsum :
- 750 gr Daging ayam giling
- 200 gr Udang
- 2 Buah wortel
- 4 Batang daun bawang
- 4 Siung bawang putih
- 50 gr Tepung sagu
- 2 Butir telur ayam
- 5 sdm Minyak wijen
- 2 sdm Saus tiram
- Kulit pangsit secukupnya
- Garam secukupnya
- Lada bubuk secukupnya
- Kaldu jamur secukupnya

Bahan Saus Mentai :
- 200 ml Mayones
- 100 ml Mayones keju
- 1 sdt Kecap asin
- 4 sdm Saus sambal
- 2 sdm Saus tomat
- Rumput laut kering secukupnya

Cara Membuat Dinsum Saus Mentai :

1. Siapkan semua bahannya terlebih dahulu. Mulailah dengan menghaluskan bawang, lalu parut wortel hingga habis. Iris halus daun bawang dan sisihkan. Cincang pula udang hingga halus.
2. Selanjutnya, siapkan wadah dan campurkan daging ayam dengan udang, bawang putih, wortel, daun bawang, tepung sagu, dan telur. Aduk hingga tercampur dan menjadi adonan dimsum yang lembut.
3. Bumbui adonan dimsum dengan saus tiram, minyak wijen, garam, gula, lada, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk kembali adonan hingga tercampur rata dengan bantuan spatula.
4. Setelah itu, ambil selembar kulit pangsit, isi dengan satu sendok makan adonan dimsum. Pastikan lipatanmu rapat, supaya tak rusak saat dikukus. Lakukan hingga kulit dan adonan dimsunnya habis.
5. Panaskan air di dalam panci hingga mendidih, lalu rebus dimsum sebentar saja. Setelah dimsum terasa empuk dan setengah matang, segera keluarkan dan tiriskan hingga tuntas. Biarkan sebentar.
6. Siapkan panci kukusan di atas kompor, lalu panaskan hingga airnya mendidih. Tata dimsum di dalam panci, lalu tutup. Biarkan dimsum selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang.
7. Sembari menunggu dimsumnya dingin, buatlah saus mentai terlebih dahulu. Campurkan mayones biasa, mayones keju, saus sambal, saus tomat, dan kecap asin hingga tercampur rata.
8. Setelah itu, tata dimsum di atas piring, lalu siramkan saus mentai secara merata ke seluruh dimsum. Taburi dengan nori, lalu bakar bagian atasnya dengan blow torch hingga matang. Nah, dimsum mentai siap dinikmati!

Nah, itu dia Sobat Souja resep cara membuat dinsum dengan topping saus mentai yang lagi kekinian banget. Dijamin deh rasanya mantap dan bikin lumer di mulut! Oh iya, Sobat juga bisa membuat dinsum mentai ini untuk dijadikan sebagai pundi-pundi uang loh, selamat mencobanya sendiri di rumah ya!

Sumber Artikel : Idntimes.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.