Hai Sobat Souja, apakah Sobat suka memasang ornamen-ornamen hiasan pada dinding rumah? Hiasan dinding pun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara " />

DIY : Membuat Hiasan Dinding Sederhana Dan Hemat Biaya

  • Sabtu, 17/10/2020 - 15:22 WIB
Hai Sobat Souja, apakah Sobat suka memasang ornamen-ornamen hiasan pada dinding rumah? Hiasan dinding pun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti menggantungkan hiasan dinding berupa aksesoris, wallpaper, lukisan, dan masih banyak lagi. Barang-barang tersebut banyak sekali dijual di pasaran dengan berbagai bentuk dan harga, dari yang murah sampai yang mahal. Namun, hiasan dinding juga bisa kamu dapatkan dengan cara yang lebih mudah dan murah, yaitu dengan membuatnya melalui kreativitas sendiri. Nah, kali ini Kania akan membagikan beberapa cara membuat hiasan dinding sendiri untuk rumahmu dengan alat dan perlengkapan yang sederhana. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!
 
1. Hiasan Dinding Dari Koran
 
hiasan koran
Source : tokopedia.net
Bahan hiasan dinding yang satu ini tentunya sangat mudah didapatkan. Ya, hanya dengan menggunakan koran bekas Sobat Souja bisa menghias dindingmu yang polos menjadi lebih hidup. Cara membuat hiasan dinding ini pun sangat mudah. Pertama-tama, pilihlah koran yang berwarna. Kemudian, lipat-lipat seperti hendak membuat kipas dari kertas. Lalu, satukan masing-masing ujung kipas agar hingga membentuk sebuah lingkaran. Pastikan tempelan antar kipas jangan terlalu renggang agar terlihat rapi. Kemudian, tempelkan pada dinding menggunakan lem atau double tape. Jika Sobat merasa kurang menempel dengan sempurna, maka bisa menggunakan paku untuk menempelkannya di dinding.
 
2. Hiasan Dinding Dari Sedotan
 
hiasan sedotan
Source : dictio.id
Ramainya kampanye menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan sedotan tentunya membuat kita juga harus lebih cermat dalam memanfaatkan barang kecil yang tidak bisa didaur ulang ini. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai hiasan dinding seperti pada gambar di atas. Hiasan dinding yang menyerupai matahari itu akan membuat rumahmu tampak hidup. Sebelum menempelkan sedotan pada dinding rumahmu, Sobat Souja bisa mewarnai sedotan dengan cat atau pewarna agar lebih menarik. Kemudian, rangkailah sedotan hingga membentuk sebuah bentuk yang Sobat inginkan pada dinding rumahmu. Untuk menempelkannya, Sobat bisa menggunakan lem perekat yang kuat.
 
3. Hiasan Dinding Dari Kertas Origami
 
hiasan origami
Source : i1.wp.com
Hiasan dinding dari kertas origami yang satu ini sangat cocok untuk memperindah kamar tidurmu atau area sofa minimalis di ruang keluarga. Cara membuat hiasan dinding dari kertas origami ini dimulai dengan melipat kertas origami menjadi bentuk seekor burung. Buatlah secukupnya dan jangan lupa untuk memilih warna-warna yang sesuai dengan tema kamarmu. Jika sudah selesai membentuk seekor burung dari kertas origami tersebut, Sobat Souja bisa mencari ranting pohon yang sudah kering dan tempelkan burung-burung kertas tadi dengan menggunakan lem atau pengikat tali di setiap ranting sehingga membuat burung-burung tersebut seakan-akan sedang bertengger di ranting pohon. Dekorasi hiasan dinding ini akan memperindah kamar atau ruangan di rumahmu.
 
4. Hiasan Dinding Dari Kertas Kado
 
hiasan kertas kado
Source : imgix.net
Terkadang ketika kita memberikan kado pada teman atau siapapun itu, masih banyak sisa-sisa potongan kertas kado yang tercecer. Tapi jangan langsung dibuang ya, karena masih bisa dimanfaatkan untuk membuat hiasan dinding yang artistik di rumahmu. Cara membuat hiasan dinding dari kertas kado ini juga bisa meningkatkan kreativitasmu, loh! Siapkan kertas karton yang seukuran dengan sebuah bingkai foto. Kemudian, tempelkan sisa-sisa kertas kado sesuai dengan keinginanmu hingga membentuk hasil karya abstrak yang indah. Nah, setelah semua karton tertutupi oleh kertas kado, gantungkan bingkai tersebut pada dinding rumahmu.

Nah, itu dia Sobat Souja beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk membuat ornamen hiasan di dinding. Sembari mengisi waktu kosong di tengah masa pandemi mending mari kita membuat sesuatu yang lebih bermanfaat aja yuk! Tentunya hal ini bukan hanya sekadar menata rumah dengan furnitur dan beberapa barang saja, tetapi bagaimana kita menghias dan mendekorasi rumah agar lebih indah untuk dipandang. Selamat mencoba ya Sobat Souja!

Sumber artikel : Dekoruma.com 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.