3 Kemampuan yang Wajib Kamu Miliki Sebagai Pekerja, di Saat Pandemi

  • Kamis, 15/10/2020 - 11:36 WIB
Sobat Souja, kondisi pandemi memberikan pengaruh pada cara kerja perusahaan, termasuk kemampuan pekerja yang dibutuhkan. Data terbaru dari Jobstreet, pada April hingga Juni 2020 terdapat peningkatan pencarian kerja sebesar 11 persen atau menjadi 300 juta pencarian dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Selain itu, terdapat peningkatan hingga 50 persen jumlah pelamar pada sebuah posisi yang ditawarkan perusahaan dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Rata-rata sebuah posisi lowongan kerja dapat mencapai 800 pelamar dari yang sebelumnya hanya 400 pelamar.


Nah, untuk meningkatkan peluang diterima bekerja, Sobat dapat meningkatkan skill yang dicari perusahaan di masa pandemi. Berikut skill yang paling dibutuhkan perusahaan di masa pandemi Covid-19.


Kemampuan Menggunakan Media Sosial
 
  
 
Perkembangan dunia digital yang pesat menuntut setiap pekerja juga mampu menggunakan media sosial. Media sosial xpenting untuk memasarkan produk dan juga membangun citra serta berhubungan dengan publik. Menambah skill digital marketing, media sosial, big data akan menjual diri lebih baik di masa pandemi ini, menurut Talent Acquisition & Scouting Manager Danone, Almer Hafiz.


Kemampuan Teknologi
 
  
 
Setiap pencari kerja harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi dan internet. Di masa pandemi, perusahaan banyak menerapkan work from home atau bekerja dari rumah sehingga semua komunikasi beralih secara online. Para pekerja harus mampu menggunakan komputer, mengoperasikan aplikasi meeting online dan sebagainya.


Kemampuan Berbahasa
 
  
 
Pada era globalisasi, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Bahasa asing yang saat ini banyak dicari diantaranya bahasa Inggris, Prancis, Mandarin, dan Jepang. Kemampuan bahasa, teknologi, dan digital merupakan sesuatu yang harus terus di asah agar semakin terampil. 


Kemampuan-kemampuan ini juga harus ditunjukkan dalam aplikasi saat melamar pekerjaan, misalnya di dalam curriculum vitae (CV), dimana CV menjadi patokan perusahaan saat menerima lamaran pekerjaan. CV yang menunjukkan kemampuan pelamar akan meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara dan juga diterima bekerja.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.