5 Kesalahan Membuat Jus yang Harus Kamu Hindari

  • Sabtu, 17/10/2020 - 15:21 WIB
Jus merupakan salah satu jenis minuman kudapan yang lezat nan bernutrisi. Namun demikian, berbagai kesalahan dalam pembuatannya kerap kali dilakukan tanpa disadari. Melansir CNN Indonesia, berikut lima kesalahan dalam membuat jus yang harus dihindari, simak yuk!


Menambahkan Pemanis
Kesalahan paling umum dalam membuat jus adalah menambahkan pemanis seperti gula. Mencampurkan jus dengan gula dapat membuat nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur hilang. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan justru tak baik untuk tubuh.


Membiarkan Jus Berada di Ruang Terbuka
Membiarkan jus di ruang terbuka juga merupakan kesalahan yang kerap dilakukan. Membiarkan jus di ruang terbuka akan menciptakan proses oksidasi atau pencampuran dengan oksigen. Proses ini dapat menghilangkan banyak vitamin dan mineral di dalam jus buah dan sayur. Oleh karena itu, segera konsumsi jus yang sudah dibuat atau tutup dengan rapat dan dinginkan di dalam lemari pendingin.


Menggunakan Bahan yang Tidak Segar
Saat membuat jus, pastikan untuk selalu menggunakan bahan yang segar. Buah dan sayur yang tidak segar atau sudah mulai membusuk sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Selain rasa yang sudah mulai tidak enak, kandungan nutrisi buah dan sayur yang tidak segar juga sudah berkurang.


Tidak Higienis
Sering kali pembuatan jus buah dan sayur luput memperhatikan kebersihan bahan dan peralatan yang digunakan. Selalu bersihkan buah dan sayur dengan air mengalir sebelum diolah menjadi jus. Bagaimanapun juga jus merupakan produk mentah sehingga harus diproses dengan higienis, jangan sampai nanti menimbulkan gangguan seperti diare. 


Memanaskan Jus
Jus juga tak boleh dipanaskan. Memanaskan jus dapat menghilangkan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya. Proses pemanasan membuat kandungan alami dalam buah dan sayur rusak dan hilang. 


Yuk, Sobat Souja mari kita mengolah jus buah dan sayur dengan benar agar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak hilang.


Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.