Sobat Souja, memang dalam sebuah hubungan bertengkar antar sesama pasangan adalah hal yang wajar. Rasanya tidak mungkin jika sebuah hubungan tidak disertai
" />

Ikuti Langkah Yang Harus Dilakukan Ketika Bertengkar Dengan Pasangan

  • Senin, 09/11/2020 - 09:54 WIB
Sobat Souja, memang dalam sebuah hubungan bertengkar antar sesama pasangan adalah hal yang wajar. Rasanya tidak mungkin jika sebuah hubungan tidak disertai dengan pertengkaran. Bahkan, pertengkaran yang sehat bisa membuat hubungan lebih kuat dan masing-masing pribadi bisa lebih baik. Namun, ada juga pertengkaran yang selalu berulang dan seakan tak ada habisnya. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Sobat lakukan bersama pasangan kalian jika sedang mengalami sebuah konflik, yuk kita simak infonya di bawah ini.
 
pasangan berantem
Source : orami.co.id
 
1. Tenangkan Dirimu Sendiri
Saat kesal, tak ada ujung dari pertengkaran. Setelah selesai bertengkar, bukan hanya beristirahat dan kemudian melanjutkannya lagi, namun usahakan untuk menyelesaikan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menenangkan diri. Jika pikiran dan emosi sudah lebih stabil, maka tindakan yang dilakukan akan lebih rasional. Hal ini akan lebih memudahkan kalian berdua menyelesaikan masalah sampai tuntas.

2. Ketahui Apa Yang Sedang Dirasakan
Setelah meluapkan emosi, jangan langsung melupakannya. Ketahui apa yang sebenarnya sedang kamu rasakan. Apakah kesal, sedih, takut, atau lainnya? Biarkan emosi pikiran dan tubuh mencerna perasaan tersebut. Beri waktu untuk menelaah dan merasakan segala perasaan tidak nyaman itu. Sehingga, Sobat bisa lebih fokus saat menyelesaikan masalah nantinya.

3. Jujur Mengenai Kapan Bisa Bicara Lagi Pada Pasangan
Saat kesal, sudah pasti Sobat enggan bicara dengan pasangan. Namun jangan hanya diam dan tidak memerdulikan begitu saja. Beritahu pasanganmu berapa lama kamu butuh waktu untuk mengelola emosi. Serta, kapan kamu bisa kembali bicara padanya. Dengan begitu, pasanganmu takkan menyangka kamu masih marah. Hal ini juga bisa dilakukan oleh pasangan dan Sobat harus menghormati kebutuhan waktunya untuk mengelola emosi tersebut.

4. Arahkan Pembicaraan Ke Dirimu Sendiri
Setelah selesai bertengkar, baiknya ada sesi penyelesaian dengan kepala yang dingin. Di sesi ini, ada cara tersendiri untuk menghindari pertengkaran kembali terjadi. Alih-alih menyalahkan dirinya dengan menggunakan kata kamu, pilihlah kata aku. Dengan begitu, pasangan bisa tahu apa yang sebenarnya Sobat rasakan.

5. Dengarkan Penjelasannya Tanpa Menyela
Apapun yang ia katakan, meski mungkin tidak tepat atau sebenarnya tidak seperti itu, hindari menyela pembicaraan dia. Biarkan pasangan mengungkapkan perasaannya setelah bertengkar tadi. Jika ada beberapa poin yang tidak kamu setujui, utarakan setelah ia selesai bicara. Hal ini bisa membantu Sobat untuk menyelesaikan masalah dan mengurangi membuat masalah baru. Selain itu, pasanganmu akan melakukan hal yang sama juga padamu.
 
pasangan damai
Source : popmama.com

Nah, Sobat Souja daripada menghabiskan waktu dengan saling bertengkar, lebih baik perbanyak waktu romantis bersama dengan pasangan. Karena kita tidak tahu sampai kapan bisa terus bersama pasangan kita tersayang. Jadi, habiskanlah waktu bersama dengan bijak ya. Cara-cara di atas dapat mempermudah Sobat Souja dalam menyelesaikan konflik dengan pasanganmu, semoga bermanfaat ya!
 
Sumber artikel : Popmama.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.