Daun sirih memang dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan loh Sobat Souja. Sudah ratusan tahun bahan ini dipercaya untuk menjaga kebersihan " />

Kegunaan Daun Sirih Bagi Wanita Yang Sedang Datang Bulan

  • Rabu, 24/06/2020 - 07:20 WIB
Daun sirih memang dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan loh Sobat Souja. Sudah ratusan tahun bahan ini dipercaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim setiap perempuan. Ini karena kandungan antiseptik alami di dalamnya yang berasal dari turunan zat bernama fenol, yang disebut sebagai kavikol. Uniknya, kandungan ini memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa. Lalu, apa saja sih manfaat khasiat yang bisa diberikan oleh daun sirih bagi perempuan yang sedang mengalami haid? Langsung aja kita simak informasi lengkapnya di bawah ini yuk!
 
daun sirih haid
Source : sehatq.com
 
Manfaat Kegunaan Daun Sirih Bagi Wanita Haid :
 
1. Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Miss V
Terkadang masalah utama wanita pada miss V adalah soal bau tak sedap. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari lembap, keputihan, tumbuh jamur, hingga penggunaan pakaian dalam yang kotor. Kalau Sobat Souja ingin menghilangkan bau tak sedap yang seringnya sangat menganggu, coba ambil 10 lembar daun sirih yang sudah agak menguning atau tua dan rebus bersama dua gelas air. Minumlah air rebusan daun sirih ini, ini akan membantu menghilangkan bau pada miss V. Memang sih, rebusan daun sirih ini akan terasa pahit, untuk mensiasatinya Sobat bisa mencampurkannya dengan jamu kunyit asam.
 
2. Mengatasi Keputihan
Keputihan bisa jadi hal yang sangat mengganggu apalagi jika kamu sedang sibuk beraktivitas. Salah satu penyebab keputihan pada wanita adalah kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Cara mengatasi keputihannya bisa dengan cara merebus daun sirih ini, bisa juga dicampur dengan potongan kunyit. Kemudian gunakan air rebusan sirih yang sudah disaring untuk cebok atau membersihkan miss V.
 
3. Sebagai Antibakteri
Daun sirih bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan menghambat jamur penyebab keputihan. Kalau Sobat Souja membersihkan miss V dengan sabun, justru akan berbahaya loh. Sabun memiliki kandungan pH yang belum tentu sesuai, selain itu kandungan parfum dan bahan kimia berbahaya lainnya justru bisa bikin miss V Sobat kering.

4. Dapat Menstabilkan Saat Datang Bulan
Seringkali siklus menstruasi yang tidak teratur berakibat pada aliran darah yang keluar. Ada yang tersendat, bahkan ada juga yang deras. Ini juga merepotkan loh buat para Sobat Souja ketika menjalani aktivitas padat. Solusinya dengan membuat ramuan dari daun sirih yang terdiri dari gambir dan kunyit bersama 3 lembar daun sirih, tumbuk hingga halus. Peras tumbukan tadi dan minum ramuan ini ketika menstruasi nggak lancar. Alhasil, nyeri haid akan berkurang, dan darah yang keluar pun akan lebih terkontrol.
 
wanita menstruasi
Source : doktersehat.com
Nah itu dia Sobat Souja beberapa manfaat kegunaan dari sehelai daun sirih yang dapat mengatasi segala permasalahan yang dialami oleh para wanita saat sedang datang bulan. Semoga bermanfaat ya Sobat!

Sumber Artikel : Hipwee.com
 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.