5 Manfaat Tak Terduga dari Kegemaran Menonton Film Horor

  • Selasa, 30/06/2020 - 10:06 WIB
Sobat Souja, menonton film merupakan salah satu kegemaran yang paling disukai apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Setiap orang pasti memiliki preferensi genre dalam menentukan film favorit, ada genre komedi, drama, sampai dengan horor. Nah, tahukah kamu jika menonton film horor ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Naiknya adrenalin pada saat menonton film horor tidak hanya menjadi menjadi ekspresi ketakutan semata namun juga dapat memberikan dampak baik pada tubuhmu secara tidak langsung dan tanpa kamu sadar, masa sih? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 


Membantu Membakar Kalori
Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa menonton film horor  selama 90 menit dapat membakar 113 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan saat kamu berjalan kaki selama 30 menit. Semakin seram film horor yang kamu tonton, semakin banyak kalori dalam tubuh yang bisa dibakar. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas ketegangan yang kamu bangun saat menonton film horor, semakin besar juga kalori yang dapat terbakar. Film horor juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk memacu adrenalinmu. Hormon adrenalin berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuhmu lebih cepat terbakar atau digunakan.


Mengurangi Stres
Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Nottingham Trent University, menonton film horor dapat menurunkan tingkat stres karena berbagai alasan. Salah satunya adalah saat kamu ingin menonton film horor, pastinya kamu kamu mengharapkan sesuatu yang berbeda yang bahkan belum pernah kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, menonton film horor juga bisa menjadi cara untuk melepaskan emosimu karena frustrasi atau tekanan batin. Saat sedang stres, kamu perlu mencari pelampiasan yang dapat melegakan hati. Nah, salah satu caranya bisa dengan menonton film horor.


Memelihara Kesehatan Otak
Pada saat menonton, film horor mampu memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Selain itu, adrenalin yang dilepaskan saat kamu menonton film horor juga memiliki efek anestesi mirip seperti obat. Senyawa ini baik untuk kesehatan mentalmu karena dapat mengurangi stres dan kecemasan yang kamu rasakan. Jadi, ketika kamu sedang sedih atau merasa tertekan, lepaskan saja emosimu dengan menonton film horor.


Meningkatkan Imunitas Tubuh
Natalie Riddell, seorang ahli imunologi di University College London mengungkapkan bahwa hormone adrenalin yang dihasilkan sebagai respon fight-or-fight saat sedang menonton film horor, dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu menjadi lebih kuat. Kemudian, stimulus lain yang terjadi saat menonton film horor ialah lancarnya sirkulasi darah dan sel darah putih sehingga kemampuan tubuh untuk melawan infeksi pun semakin meningkat.


Mengatasi Fobia
Sebagai contoh, kamu adalah orang penakut dengan hantu, justru dengan menonton film horor bisa membantumu untuk tidak takut lagi. Akan ada bagian dalam film tersebut yang membuatmu jadi seperti terbiasa melihat sosok hantu. Bahkan bisa jadi memberikan sugesti seperti bahwa hantu hanya ada dalam film sehingga kamu tidak takut lagi. Itulah mengapa tidak heran banyak orang yang akan memberi saran padamu untuk menonton film horor akan ketakutanmu bisa teratasi.


Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.