5 Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk Menambah Pundi di Masa Pandemi

  • Selasa, 30/06/2020 - 10:05 WIB
Sobat Souja, meski kebijakan untuk menjalani normal baru sudah mulai diberlakukan namun sebagian perusahaan, sektor ekonomi lainnya dan juga pendidikan masih mengimbau untuk beraktivitas dari rumah. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menambah pundi - pundi penghasilanmu, dimana salah satu yang bisa dilakukan adalah memulai bisnis kuliner. 


Kuliner adalah produk yang tergolong mudah dibuat baik makanan maupun minuman. Jika tak punya keahlian untuk memasak, Sobat bisa menjadi reseller berbagai jenis makanan siap makan seperti lauk kering atau minuman kekinian. Selain itu, perkembangan media sosial dan jasa pengiriman membuat makanan-makanan dapat dengan mudah dijajakan. Berikut beberapa tips untuk memulai bisnis kuliner yang dikutup melali CNN Indonesia. 


Menentukan Produk yang dijual
 
  
 
Pilihlah jenis kuliner yang ingin dijual. Untuk tahap pertama, sebaiknya fokus pada satu kuliner saja. Sobat bisa memulainya dengan kuliner yang paling disukai atau yang paling mahir kamu realisasikan. Lihat pula kuliner yang sedang tren saat ini. Kuliner yang populer akan lebih mudah dijual karena permintaan pasar sedang meningkat. Pilihlah juga kuliner yang disukai oleh banyak orang.


Mencatat Alat dan Bahan yang Sesuai
 
  
 
Membuat bisnis kuliner bisa dilakukan dengan alat dan bahan yang ada di rumah. Bermodalkan dapur dan peralatan memasak, kuliner yang nikmat dan menggoda siap disajikan. Sobat bisa melihat resep yang banyak tersedia di internet. Jangan lupa kombinasikan dengan indera perasa karena terkadang takaran di internet belum tentu pas. Buatlah setiap masakan dari hati agar rasa nikmat yang tulus sampai pada setiap yang menikmatinya.


Uji Coba Rasa
 
  
 
Kuliner adalah perkara rasa. Pastikan kamu benar-benar mendapatkan rasa yang nikmat sebelum menjajakan makanan ke orang lain. Uji coba rasa ke orang terdekat terlebih dahulu. Minta mereka memberikan pendapat yang jujur, seperti apa yang perlu ditambah dan dikurangi. Hal ini berguna untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Setelah mendapatkan rasa yang sesuai, kamu bisa mengemasnya dengan cantik agar semakin menarik perhatian.


Promosi
 
 
 
Foto hasil makanan dan sebarkan ke media sosial. Buat keterangan atau caption yang menggoda agar orang-orang semakin penasaran dengan rasa makanan tersebut. Kamu pun bisa berpromosi dengan mengirim pesan secara personal ke rekan kerja dan teman.


Bagikan dan Minta Saran
 
  
 
Bagikan makanan tersebut pada teman-teman atau keluargamu dan minta mereka untuk mengulas serta mengunggahnya ke media sosial. Promosi dari medsos ke medsos ini dapat membuat orang semakin mengenalmu dan juga meningkatkan penjualan.
 
 
Yuk, manfaatkan pandemi jadi pundi - pundi!  


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.