Tips Melamar Pekerjaan Baru di Masa Pandemi

  • Selasa, 30/06/2020 - 10:05 WIB
Sobat Souja, mempertahankan kemapanan finansial di masa pandemi memang bukan perkara mudah. Saat peluang untuk memulai bisnis baru tertutup karena satu dan lain hal, maka cara lain yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup ialah tetap berusaha dan mencari pekerjaan baru. Barangkali terlihat mustahil mengingat pandemi memukul berbagai sektor. Namun, ternyata Sobat tetap harus mencoba dengan menerapkan beberapa tips berikut in:


Riset Perusahaan
Pada masa pandemi, sebagian perusahaan melepaskan pekerja, namun sebagian lainnya mencari karyawan baru. Melansir dari Forbes, survei dari Society of Human Resource Management (SHRM) menemukan sebanyak 31 persen organisasi layanan kesehatan secara aktif merekrut dan 16 persen bersifat segera. Sektor lain yang cukup prospektif antara lain, teknologi, keuangan, bimbingan online juga bisnis penting masa pandemi seperti toko kelontong, layanan pengiriman dan produsen alat pelindung diri. Akses situs-situs LinkedIn.com, FlexJobs.com, Job-Hunt.org yang memiliki informasi daftar perusahaan yang saat ini memang membuka lowongan.


Mencari Informasi
Bertanya tentang berbagai informasi adalah bagian dari penelitian dan membangun relasi. Kamu bisa memulai dengan bergabung di beberapa obrolan daring melalui Whatsapp Group, Telegram atau melalui forum seperti Kaskus. Gali informasi mengenai kesempatan yang didapat selama bekerja, masalah di departemen yang perlu dipecahkan juga siapa saja yang perlu diajak mengobrol untuk memperoleh lebih banyak informasi.


Evaluasi Surat Lamaran Kerja
Ajukan lamaran tetapi jangan menunggu hingga mendapat jawaban dari perusahaan yang dituju. Sembari menunggu, terus ajukan lamaran di perusahaan lain dan lakukan evaluasi. Melansir dari Indeed, evaluasi kembali surat lamaran (cover letter) dan resume atau CV. Kemudian cek lagi posisi dan perusahaan yang dituju. Apakah posisi yang diinginkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki? Apakah resume menarik perhatian perusahaan berdasar posisi yang mereka butuhkan? Apakah surat lamaran menjabarkan pengalaman yang relevan dengan kebutuhan perusahaan dan kualitas diri terkait posisi yang dilamar?


Tambahkan Kata Kunci: Remote Friendly
Pandemi membuat bekerja tidak harus dilakukan di kantor. HRD atau manajer perekrutan jelas ingin mencari karyawan yang bisa melakukan hal serupa. Sangat penting untuk menunjukkan bahwa Sobat bisa diandalkan dan berpengalaman bekerja secara remote atau jarak jauh. Sebutkan pula teknologi spesifik yang dikuasai dan mendukung kerja remote. Sertakan pula pengalaman menggunakan perangkat-perangkat pendukung ini dan kemudahan yang dirasakan saat bekerja di perusahaan lama berkat teknologi. Jangan lupa mencantumkan soft skill yang mendukung kerja remote seperti manajemen waktu atau komunikasi tertulis. 


Monitor Media Sosial
Survei dari Jobtive menunjukkan sebanyak 58 persen perekrut menggunakan media sosial seperti Facebook, LinkedIn bahkan Instagram untuk mempromosikan brand mereka sekaligus mencari pekerja baru. Sobat Souja bisa terhubung dengan perusahaan impian dengan memantau (follow) media sosial mereka. Di sini kamu bisa mempelajari operasional dan kultur perusahaan, membagikan informasi yang mereka unggah atau berkomentar terkait topik yang diangkat. Jika Sobat aktif, bukan tidak mungkin perekrut menyukaimu. 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.