Yuk, Manfaatkan Masa Pandemi untuk Menggali Potensi Diri!

  • Minggu, 05/07/2020 - 07:17 WIB
Sobat Souja, masa pandemi membuat sebagian besar orang lebih banyak melakukan aktivitas dari dalam rumah. Hal tersebut membuat waktu luang semakin tersedia, lantas berpotensi memunculkan potensi diri yang terpendam. Setiap orang pasti memiliki potensi dalam diri yang saling berbeda satu sama lain. Dengan mengenali potensi diri, hidup bisa jadi lebih berkembang dalam mencapai apa pun yang diinginkan. Dikutip melalui CNN Indonesia, beberapa tips yang disampaikan oleh Psikolog Rumah Dandelion Nadya Pramesrani di bawah ini bisa dilakukan untuk menggali potensi diri di masa pandemi. Apa saja? Simak yuk! 


Memulai
Mulailah dari hal terkecil sekali pun. Jika dikelola dengan baik, hal-hal paling sepele sekali pun bisa menjadi sesuatu yang berharga. Mulailah dengan barang apa saja yang ada di rumah. Mulai dari yang pertama terlintas di kepala. Mulai dari apa pun yang ditemukan di media sosial. Pokoknya, mulai aja!


Tidak Ragu Mencoba
Setelah memulai dan menemukan ide menarik, coba praktikkan dalam beberapa kali. Pasalnya, seseorang akan mendapat pembelajaran dan kemampuan evaluasi yang lebih kaya tentang kemampuan diri sendiri setelah melewati beberapa kali pengalaman. Jangan saat baru satu kali mencoba lalu menemukan kegagaln membuatmu enggan mencoba kembali. Tetap semangat, jangan mudah putus asa! 


Beri penilaian
Pada tahap ini, seseorang diminta untuk berpikir reflektif. Berpikir reflektif berarti menghadirkan makna dan evaluasi terhadap apa pun yang baru dicoba untuk dilakukan. Ada baiknya Sobat Souja juga mengidentifikasi semua emosi yang hadir dan memahami apa yang membuat emosi-emosi tersebut muncul, kenali alasannya. 


Ulangi
Jika ternyata Sobat  menyukai apa yang dilakukan, maka ulangi terus. Lakukan pengulangan dan eksplorasi potensi hingga terus berkembang. Begitu pula sebaliknya, saat kamu berulang kali mencoba lalu menimbulkan kendala dan ketidaksukaan, saatnya mencari yang lainnya. 


Selamat mencoba! 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.