Ingin Menjadi Individu yang Semakin Berkembang? Hindari 5 Sikap Ini

  • Senin, 06/07/2020 - 08:34 WIB
Sobat Souja, setiap orang pasti ingin dirinya terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu terutama dalam sifat, kepribadian serta kemampuan. Ketiga hal tersebut sangat bermanfaat untukmu, misalnya untuk meningkatkan kariermu. Tapi ada beberapa sikap yang salah dan bisa membuat pengetahuanmu stagnan dan tidak bertambah, lho! Apa saja? Inilah 5 contoh sikap yang salah dan harus kamu hindari seperti dikutip melalui IDN Times


Merasa Sudah Tahu Banyak Hal
Secara singkat, sikap ini bisa disebut sebagai kesombongan. Ingatlah bahwa sebanyak apa pun pengetahuan yang sudah kamu miliki, apa yang belum kamu tahu pasti jauh lebih banyak lagi. Bahkan para ilmuwan saja mengakui hal itu. Oleh karena itu, milikilah sikap rendah hati supaya kamu terdorong untuk selalu mau belajar sampai kapan pun.


Enggan Belajar dari yang Kedudukan dan Umurnya Lebih Muda
Ilmu pengetahuan bisa kita dapat dari mana saja. Jangan lupakan juga orang sekitarmu. Mereka bisa jadi punya banyak ilmu yang bisa kamu pelajari. Tapi lagi-lagi, kamu harus rendah hati. Kalau kamu hanya mau belajar dari orang yang kedudukannya lebih tinggi atau usianya lebih tua darimu, sumber ilmumu justru jadi terbatas. Padahal mereka yang kedudukannya lebih rendah atau lebih muda bisa jadi punya ilmu yang tidak kalah banyak lho. Maka jangan ragu untuk menimba ilmu dari semua orang.


Rendah Diri, Merasa Tidak Mampu
Kesombongan bisa membuat ilmumu tidak bertambah. Tapi hal sebaliknya pun sama buruknya, yaitu perasaan rendah diri. Orang yang rendah diri kerap ragu untuk belajar pengetahuan baru karena ia merasa bahwa dirinya pasti tidak mampu mengerti pengetahuan tersebut. Kalau itu yang kamu alami, ingatlah bahwa kamu tidak akan tahu kalau tak mencoba. Sesuatu bisa jadi tampak rumit karena kamu belum pernah mempelajarinya. Begitu kamu mencoba mempelajarinya, ternyata tak serumit yang kamu bayangkan. Maka jangan ragu untuk mencoba, bisa jadi kamu akan terkejut melihat hasilnya.


Menganggap Remeh Pengetahuan
Ada begitu banyak bidang ilmu pengetahuan di dunia ini. Sebagian langsung terlihat jelas manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, maka kamu mungkin senang mempelajarinya. Tapi ada juga yang tampak tidak ada manfaatnya sama sekali sehingga kamu malas mempelajarinya karena takut buang-buang waktu. Padahal sebenarnya belajar hal baru tidak akan sia-sia, selama kamu bukan belajar hal-hal yang negatif, siapa tahu di masa depan kamu akan dapat manfaat. 


Hanya Mau Belajar Sesuai Minat
Beberapa orang bahkan gak mau belajar bidang-bidang yang jelas bermanfaat dalam hidupnya, hanya karena bidang itu tidak sesuai dengan minatnya. Salah satu contoh bidang terpenting yang perlu kita pelajari adalah kesehatan. Meskipun kamu bukan disiplin ilmu yang kamu suka, ternyata pengetahuan di bidang ini bisa menyelamatkan hidupmu dan keluarga. Terutama dalam situasi yang mendesak seperti misalnya pandemi COVID-19. Jangan sampai kamu menyesal karena hanya mau belajar hal-hal yang kamu senangi saja.


Menambah ilmu pengetahuan tak hanya membuatmu pintar, tapi itu bisa sangat bermanfaat bahkan menyelamatkan hidupmu. Maka jangan ragu untuk terus belajar dan menambah pengetahuan demi kebaikanmu. 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.