Sobat Souja, banyak orang menganggap bahwa mimpi hanyalah sekedar bangun tidur yang tidak memiliki arti. Mimpi dianggap hal yang wajar dan bisa " />

Lakukan Langkah Berikut Saat Mengalami Mimpi Buruk

  • Jumat, 31/07/2020 - 10:03 WIB
Sobat Souja, banyak orang menganggap bahwa mimpi hanyalah sekedar bangun tidur yang tidak memiliki arti. Mimpi dianggap hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapapun saat tertidur. Namun, hal ini nampaknya akan jadi berbeda ketika kita mendapatkan mimpi buruk sampai membuat kita tidak nyaman untuk melanjutkan tidur. Beberapa orang dapat menikmati mimpi buruk sampai mereka bangun dan melupakannya, sedangkan sebagiannya lagi akan merasa terganggu sampai terbangun dari tidur. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab mimpi buruk. Namun, ada dugaan mimpi buruk terkait dengan faktor genetik, psikologis, kelainan fisik, gangguan dalam proses tumbuh kembang, dan gangguan pada sistem saraf pusat. Nah, buat Sobat Souja yang juga merasakan hal tersebut, bingung ketika mendapatkan mimpi buruk, maka seharusnya ini yang dilakukan.
 
1. Menarik Napas Dan Berusaha Tenang
 
tarik nafas
Source : golife.id
Hal pertama yang perlu Sobat Souja lakukan jika mendapat mimpi buruk dan sampai terbangun ialah menarik napas panjang dan berusaha tenang. Mimpi buruk yang sampai membuatmu terbangun tentu saja akan sangat mengganggu dan Sobat bisa merasa ketakutan. Untuk itu, tarik napas panjang dan berikan sugesti agar Sobat tenang. Dengan menarik napas panjang sebenarnya Sobat sedang berusaha untuk sadar dan mengontrol diri dari mimpi buruk yang baru saja Sobat alami. Saat Sobat sudah sadar, Sobat akan tahu bahwa hal buruk yang kau lihat tadi hanyalah mimpi dna tidak terjadi secara nyata di kehidupanmu. 
 
2. Mengubah Posisi Tidur
 
posisi tidur
Source : detik.net.id
Kedua, hal yang perlu Sobat Souja lakukan ketika mendapat mimpi buruk ialah mengubah posisi tidur dari posisi sebelumnya. Jika Sobat terbangun saat mimpi buruk dan berniat untuk melanjutkan tidur maka usahakan Sobat mengubah posisi tidur. Dengan mengubah posisi tidur akan memberikan sugesti pada diri bahwa mimpi tersebut sudah berpindah alias tidak akan menghampirimu lagi saat tertidur. Mengubah posisi tidur juga merupakan cara agar Sobat lebih rileks saat tidur karena posisi yang sama bisa jadi membuat otot-otot tegang.
 
3. Mengonsumsi Air Putih
 
drink water
Source : cloudinary.com
Berikutnya, hal lain yang perlu Sobat Souja lakukan ketika mendapat mimpi buruk dan tidak bisa tidur lagi karena merasa cemas, takut, dan begitu terganggu ialah sebaiknya mengonsumsi banyak air putih. Mengonsumsi banyak air putih bisa membuatmu merasa lega dan lebih tenang serta mengurangi kecemasan yang Sobat rasakan akibat mimpi buruk. Usahakan untuk meminum air putih hangat atau netral, hindari mengonsumsi air putih dalam kondisi dingin karena bisa membuat tubuh menjadi kaget dan tegang. Jika setelah mengonsumsi air putih agar merasa lebih baik, maka Sobat bisa melanjutkan tidur atau melakukan aktivitas lain yang bisa menghiburmu dan memberimu ketenangan.
 
4. Berdoa Sebelum Tidur
 
doa tidur
Source : islampos.com
Terakhir, hal yang perlu Sobat Souja lakukan ketika mendapat mimpi buruk ialah berdoa. Berdoa agar Sobat senantiasa terlindung dari hal-hal buruk, contohnya adalah mimpi yang baru saja Sobat dapatkan. Beberapa orang percaya bahwa mimpi buruk ada kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Oleh karena itu, Sobat harus mengatasinya dengan berdoa. Dengan berdoa tentu hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang dan Sobat pun akan merasa lebih nyaman karena merasa sudah terlindungi. Untuk menghindari mimpi buruk maka pastikan sebelum tidur dan sesudah bangun tidur Sobat  memanjatkan doa. Doa akan memberikan sugesti yang luar biasa pada dirimu untuk tetap terjaga dari mimpi buruk saat tertidur.

Langkah-langkah di atas merupakan hal yang dapat dilakukan oleh Sobat Souja di rumah jika sedang mengalami mimpi buruk dan sulit kembali untuk tidur agar dapat menghilangkan rasa stres dan cemas yang berlebihan, selamat mencoba ya Sobat Souja!

Sumber Artikel : Fimela.com
 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.