Menguak Kalori Nasi Merah, Benar Cocok untuk Diet?

  • Sabtu, 20/02/2021 - 10:04 WIB
Hai, Sobat Souja! Siapa yang tidak kenal dengan nasi merah? Sumber karbohidrat ini meraih kepopulerannya sebagai salah satu pengganti, atau versi ‘sehat’ dari nasi putih. 

Kebanyakan orang yang ingin mengubah gaya hidup sehat atau mulai menurunkan berat badan beralih ke pilihan nasi ini. Namun, sebenarnya berapa sih kalori yang ditawarkan nasi merah?
 
d 
Sumber: masakapahariini.com 
 
Mengutip Medical News Today, Departemen Pertanian Nasional Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan kalau secangkir nasi merah berbiji panjang matang dengan berat 202 gram (4-5 centong) menyediakan 248 kalori; dengan kandungan 5,54 gram protein, 1,96 gram lemak, 51,7 gram karbohidrat, dan 3,23 gram serat. 

Hal ini membuat nasi merah mengandung lebih sedikit kalori dan kaya serat dibanding nasi putih berbiji sedang: yang sudah dimasak dan diperkaya seberat 186 gram (3-4 centong nasi) mengandung 242 kalori.  
 
Untuk menurunkan berat badan, nasi merah adalah salah satu jawabannya. Menurut Departemen Kesehatan AS, laki-laki dewasa umumnya membutuhkan 2.000-3.000 kalori per hari, sementara perempuan dewasa membutuhkan sekitar 1.600-2.400 —untuk menjaga berat badan. Hal ini berbeda-beda tergantung pada usia dan tingkat aktivitas. Jadi, kandungan kalori yang lebih rendah di nasi merah dapat membantu kamu menjalankan diet.

Namun, saat bicara mana yang lebih sehat, setiap orang pasti punya kebutuhan masing-masing. Beras merah mengandung lebih banyak serat daripada beras putih, menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk diet tinggi serat. 

The American Heart Association (AHA) menyarankan memilih makanan utuh daripada makanan olahan seperti nasi putih; untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, stroke, obesitas, penyakit jantung, dan sembelit.

Meski begitu, jika kamu direkomendasikan dokter untuk menjalani diet rendah serat (biasanya mengalami diare, penyakit radang usus, penyumbatan akibat kanker kolorektal), lebih baik memilih makanan yang lebih rendah serat, dalam hal ini nasi putih ketimbang nasi merah. Untuk memastikan tepatnya pilihan jenis nasi yang kamu konsumsi, cobalah konsultasikan ke ahli gizi atau dokter pribadi, ya.

Sumber: Kumparan.com 
yang the bright positive masculine principle in Chinese dualistic cosmology More (Definitions, Synonyms, Translation)

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.