Resep Peach Gum Dessert yang Kaya Manfaat

  • Kamis, 18/02/2021 - 08:19 WIB
Sobat Souja, resep peach gum dessert, belakangan sering berseliweran di media sosial dan banyak yang me-recook nya menjadi minuman sehat. Mengutip dari laman Michelin Guide, tao jiao atau peach gum berasal dari resin pohon peach atau persik di Tiongkok, yang memiliki warna kuning bening seperti kristal.

Peach gum di negara asalnya sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional karena dipercaya bisa mengobati infeksi saluran kencing, menghilangkan dahaga, dan mengurangi stres. Selain itu, kandungan peach gum yang kaya akan nutrisi juga diklaim memicu produksi kolagen atau collagen booster yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit.
peach gum
source: okezone
Di provinsi Zhejiang Tiongkok, beberapa koki rumahan sering menambahkan peach gum ke dalam hidangan sup atau tumisan asin dengan campuran sayur dan tahu. Akan tetapi, ada juga yang mengolahnya menjadi hidangan penutup atau peach gum dessert, dengan cita rasa manis serta memberi sensasi adem di perut.

Membuat olahan peach gum dessert tidak terlalu rumit, cukup sediakan bahan-bahan seperti di bawah ini dan ikuti langkah pembuatannya.

Bahan Utama:
100 gram peach gum (rendam semalaman supaya mengembang sendiri)
1 bonggol jamur es (rendam 2 jam sampai ngembang lalu potong-potong)
30 gram angco atau kurma merah (belah dan buang biji lalu cuci bersih)
30 gram biji teratai (buang bagian tengahnya)
20 gram longan (kelengkeng) kering atau kalengan
30 gram gula kundur
20 gram goji berry
2 Liter air
Daun pandan secukupnya
Biji selasih secukupnya
peach gum
source: cnnindonesia
Cara Membuat:
1. Siapkan semua bahan sambil didihkan air. Kemudian rebus jamur es sekitar 10 menit, lanjut masukkan biji teratai, peach gum, angco, longan dan gula kundur.
2. Masak selama 15 menit, lalu tambahkan goji beri, selasih, daun pandan dan masak sampai mendidih kurang lebih 5-10 menit.
3. Setelah matang, matikan kompor dan diamkan sampai suhunya turun menjadi hangat-hangat kuku.
4. Terakhir sajikan selagi hangat atau boleh tambahkan es batu sesuai selera.

Yuk, coba bikin Peach Gum Dessert ini di rumah, Sobat!

Source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.