Sobat Souja, kalian tahu gak sih? Kalau otot merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh laki-laki pada umumnya lho. Karena mereka ingin terlihat gagah " />

Ketahui Jenis Makanan Yang Dapat Membentuk Pertumbuhan Otot

  • Sabtu, 20/02/2021 - 10:05 WIB
Sobat Souja, kalian tahu gak sih? Kalau otot merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh laki-laki pada umumnya lho. Karena mereka ingin terlihat gagah, sehingga melakukan banyak olahraga untuk dapat membentuk otot. Namun tidak hanya itu saja, sel otot juga membutuhkan zat gizi sebagai energi untuk melakukan aktivitas. Saat Sobat ingin membentuk otot, maka akan lebih banyak makan makanan yang mengandung protein tinggi. Lalu, jenis makanan apa saja ya yang bisa menambah masa pembentukan otot? Daripada penasaran, langsung aja yuk kita simak informasi lengkapnya di bawah ini!
 
makanan otot
Source: bukalapak.com
 
1. Telur
Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Protein ini sangat berguna untuk pertumbuhan otot. Namun, telur juga mengandung kolesterol yang ada dalam kuning telurnya. 0,5 gram asam amino leusin dalam telur merupakan sumber energi yang baik bagi otot. Leusin merupakan asam amino paling penting dalam pembentukan otot.

2. Daging Sapi
Daging sapi merupakan makanan terbaik untuk pembentukan otot. Daging mengandung asam amino esensial, vitamin B, dan kreatin yang dapat meningkatkan massa otot. Namun, pilihlah daging sapi yang tidak banyak mengandung lemak.

3. Kacang-Kacangan
Kacang mengandung protein, lemak, dan juga serat. Kacang dapat menjadi makanan ringan yang baik bagi Sobat yang ingin meningkatkan asupan kalori.

4. Daging Ayam
Daging ayam juga mengandung protein yang baik bagi pertumbuhan otot. Ayam mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan daging sapi. Namun, sebaiknya tetap pilih daging ayam yang mengandung sedikit lemak. Lebih baik lagi jika menyajikannya dengan cara direbus bukan digoreng, karena minyak pada ayam yang digoreng meningkatkan asupan lemak yang tidak baik bagi tubuh.

5. Yoghurt
Yoghurt mengandung protein dan juga probiotik. Probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Probiotik ini membantu sistem pencernaan untuk memecah dan menyerap zat gizi dari makanan yang Sobat Souja makan.

6. Tempe
Makanan khas Indonesia ini memiliki kandungan gizi yang kaya. Tempe menyediakan 41% kebutuhan protein harian Sobat. Berbeda dengan makanan sumber protein lainnya yang juga mengandung tinggi lemak, tempe hanya mengandung lemak yang sangat sedikit.
 
jenis makanan otot
Source: doktersehat.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi jika Sobat ingin membentuk masa pertumbuhan otot. Namun tidak hanya protein saja yang dibutuhkan oleh otot, ada karbohidrat dan lemak juga yang dapat mendukung pembentukan otot. Tiga zat gizi makro ini sangat diperlukan otot untuk masa pertumbuhannya. Maka dari itu, penting bagi Sobat Souja untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan di atas jika ingin mendapatkan hasil otot yang sempurna.

Sumber artikel: Hellosehat.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.