Sobat Souja, selama pandemi covid-19 berlangsung telah memberikan perubahan kebiasaan para wisatawan melakukan travelling. Dari awalnya dapat bebas mengunjungi
" />

Ketahui Pengaruh Pandemi Terhadap Tren Travelling

  • Minggu, 21/02/2021 - 10:13 WIB
Sobat Souja, selama pandemi covid-19 berlangsung telah memberikan perubahan kebiasaan para wisatawan melakukan travelling. Dari awalnya dapat bebas mengunjungi berbagai destinasi wisata sepi maupun ramai, sekarang harus penuh perhitungan dan menerapkan protokol kesehatan juga. Di tahun 2021, ada perubahan tren travelling yang diprediksi akan dilakukan oleh wisatawan. Selain tetap bisa berpergian, tren ini dianggap aman dan dapat memperkecil penyebaran virus. Apa saja sih kira-kira? Yuk, langsung kita simak aja informasinya di bawah ini!
 
1. Road Trip
 
road trip
Source: smartertravel.com
Melakukan road trip sepertinya menjadi metode pilihan sejak pandemi ini dimulai. Cara ini dirasa lebih aman, karena nggak menggunakan transportasi umum dan bertemu orang banyak. Di luar negeri, penyewaan camper van semakin meningkat di tengah pandemi. Di Indonesia sendiri, semakin banyak masyarakat yang melakukan perjalanan darat langsung ke tempat tujuan wisata, demi meminimalkan kontak dengan orang lain lewat transportasi umum.
 
2. Menginap Di Cottage/Private Villa
 
private vila
Source: agoda.net
Pemilik villa pribadi atau cottage yang berada jauh dari hiruk pikuk kota, memanfaatkan situasi ini untuk tetap membuat bisnisnya berjalan. Dengan menginap di kawasan pribadi, wisatawan akan merasa aman dan nyaman berada di lingkungannya sendiri, tanpa berkontak dengan orang asing di luar kerabat yang berlibur bersamanya.
 
3. Staycation
 
staycation
Source: tempo.co
Staycation adalah salah satu tren travelling saat pandemi. Hal ini juga dimanfaatkan oleh pihak perhotelan yang menjamin keamanan dan kenyamanan tamunya, dengan menyediakan room service, agar tamu tidak perlu keluar kamar dan makan di restoran. Bahkan, ada yang menyiapkan promo khusus untuk staycation beberapa hari, hingga promo WFH (Work from Holiday) jika menginap lebih lama untuk sekadar melepas penat bekerja dari rumah.
 
4. Virtual Vacation
 
virtual vacation
Source: sanjuanjournal.com
Meski masih ada destinasi dunia yang membatasi aksesnya selama pandemi ini, bukan berarti mereka tidak berinovasi agar Sobat juga bisa ke sana. Banyak destinasi dunia yang membuat virtual vacation di situs mereka. Dengan fitur 360, Sobat bisa menjelajah mulai dari museum, destinasi dunia hingga wisata alam yang menyenangkan.
 
5. Melakukan Wisata Alam Terbuka
 
wisata alam
Source: popbela.com
Berpetualang di alam terbuka juga menjadi salah satu tren travelling saat pandemi ini. Selain meminimalkan kontak di tengah keramaian, hiking atau trekking memberikan penyegaran bagi diri lewat kembali berkontak dengan alam.

Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam tren perubahan travelling selama masa pandemi covid-19 saat ini. Yang mana nih bucketlist Sobat? Meskipun pemerintah menganjurkan untuk #DiRumahAja, namun tidak ada salahnya jika Sobat curi waktu sedikit untuk menikmati liburan tapi tentunya dengan segala protokol kesehatan yang ada ya!

Sumber artikel: Popbela.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.