Sobat Souja, sebagian besar orang pernah mengalami kulit yang mengelupas. Kulit yang terkelupas bisa terjadi di bagian mana saja termasuk ujung jari.
" />

Ketahui Penyebab Seringnya Kulit Jari Terkelupas

  • Rabu, 24/02/2021 - 09:38 WIB
Sobat Souja, sebagian besar orang pernah mengalami kulit yang mengelupas. Kulit yang terkelupas bisa terjadi di bagian mana saja termasuk ujung jari. Umumnya, kulit yang mengelupas ini tak mengkhawatirkan karena disebabkan adanya iritasi dari lingkungan. Namun dalam beberapa kasus, kulit jari mengelupas dapat disebabkan dari gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Lalu, apa saja sih penyebabnya? Langsung aja yuk kita simak informasinya di bawah ini ya!
 
kulit terkelupas
Source: cloudinary.com
 
1. Kulit Kering
Kulit kering sering kali menjadi penyebab dari kulit ujung jari mengelupas. Kulit kering biasanya sering terjadi saat cuaca dingin. Soba Souja mungkin lebih rentan terhadap kulit kering jika mandi dengan menggunakan air hangat.

2. Keseringan Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan akhirnya kulit jari mengelupas di bagian ujungnya. Untuk mengatasinya, Sobat hanya perlu mencuci tangan bila perlu dan menggunakan produk yang aman untuk kulit.

3. Mengisap Jari
Mengisap jari dapat menjadi penyebab kulit kering dan mengelupas pada anak-anak. Ini mungkin kebiasaan yang sering dilakukan oleh bayi atau balita. Kebiasaan ini perlu diperhatikan, sehingga dapat mencegah si kecil mengalami kulit jari mengelupas dan pecah-pecah.

4. Alergi
Jika Sobat alergi terhadap sesuatu yang mengenai kulit jari, maka efeknya akan menyebabkan kulit merah dan gatal. Kemudian kulit akan melepuh dan akhirnya mengelupas. Maka dari itu, coba hindari hal-hal yang membuatmu gampang terkena alergi kulit ya Sobat Souja!

5. Kulit Terbakar Sinar Matahari
Terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit terbakar sinar matahari, sehingga membuat kulit terasa hangat dan lebih sensitif saat disentuh. Setelah terkena sinar matahari, kulit akan berubah menjadi merah dan kemudian mulai terkelupas. Kulit terbakar matahari bisa sangat mengganggu dan dapat memakan waktu beberapa hari atau bahkan seminggu untuk bisa sembuh.
 
penyebab alergi kulit
Source: 99.co
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam penyebab yang sering menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit jari tangan kita. Duh, gak banget kan kalau mengalami gejala hal seperti di atas. Maka dari itu, yuk, mari kita sama-sama untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga kulit kita tetap terjaga dan halus. Semoga bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.