Hai Sobat Souja, apa yang akan kalian lakukan jika sedang terkena flu? Hmm, Sobat bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk meredakan flu lho! " />

Penting Konsumsi Jenis Makanan Ini Ketika Mengalami Sakit Flu

  • Kamis, 25/02/2021 - 10:05 WIB
Hai Sobat Souja, apa yang akan kalian lakukan jika sedang terkena flu? Hmm, Sobat bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk meredakan flu lho! Tak hanya meredakan gejala yang muncul, jenis makanan ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan dari sakit flu. Berkurangnya nafsu makan saat terkena flu bisa membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Kondisi ini perlu segera diatasi karena gejala sakit flu dapat mereda dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Lalu, jenis makanan apa saja ya yang bisa mengobati penyakit flu ini? Langsung aja yuk kita simak informasinya di bawah ini.
 
1. Sup Ayam
 
sop ayam
Source: masakapahariini.com
Sup ayam adalah salah satu makanan yang mudah dibuat dan baik dikonsumsi saat flu. Sup ayam terdiri atas kaldu ayam, sayuran, dan daging ayam yang dapat memenuhi asupan cairan serta nutrisi yang diperlukan tubuh. Tercukupinya cairan dan nutrisi dalam tubuh mampu meningkatkan sistem imun, sehingga mempercepat proses pemulihan Sobat dari sakit flu.
 
2. Wortel
 
carrot
Source: cloudinary.com
Wortel mengandung vitamin A dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin B6 di dalam wortel juga berperan dalam proses produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, Sobat bisa mengolah wortel menjadi jus atau sebagai lalapan dan campuran dalam sup.
 
3. Yoghurt
 
yoghurt flu
Source: beritasatu.com
Yoghurt adalah salah satu sumber probiotik dan protein yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus penyebab sakit flu. Selain itu, probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.
 
4. Jahe
 
teh ginger
Source: jpnn.com
Jahe adalah salah satu obat tradisional yang sudah cukup umum dikonsumsi untuk meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan akibat flu. Tak hanya itu, berbagai riset juga menyatakan bahwa jahe memiliki efek antivirus. Untuk mendapatkan manfaat jahe guna mengobati gejala flu, Sobat bisa mengolahnya menjadi minuman teh jahe hangat.
 
5. Madu
 
honey flu
Source: medkomtek.com
Madu juga termasuk salah satu obat tradisional yang dapat meredakan flu. Madu juga diketahui memiliki efek antioksidan dan antiradang, sehingga dapat meringankan gejala flu. Meski demikian, madu tidak boleh diberikan kepada anak usia di bawah 1 tahun, karena berisiko menyebabkan keracunan atau botulisme.

Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam jenis makanan yang bisa kalian konsumsi ketika sedang mengalami gejala flu. Tidak hanya itu saja, namun Sobat juga perlu menyeimbanginya dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh seperti minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat sedang flu. Semoga informasinya dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: alodokter.com 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.