Bercita Rasa Pahit, Ternyata 4 Makanan ini Sangat Berkhasiat

  • Kamis, 25/02/2021 - 10:04 WIB
Sobat Souja, makanan bercita rasa pahit kerap membuat kita eggan untuk mengonsumsinya. Namun tak disangka, beberapa makanan pahit justru memberikan manfaat untuk kesehatan dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Makanan pahit kaya akan gizi dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan demi menjaga tubuh tetap sehat. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan pahit di antaranya mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan masih banyak lagi. Mengutip CNN Indonesia, berikut makanan pahit yang baik untuk kesehatan.


Cranberry
Cranberry merupakan salah satu buah beri merah dengan rasa yang pahit. Cranberry mengandung polifenol yang dapat mencegah bakteri menempel ke permukaan, seperti jaringan tubuh manusia. Polifenol yang ada pada cranberry bermanfaat untuk mengurangi kerusakan gigi, menurunkan risiko infeksi di perut, usus, dan saluran kemih. Selain bersifat antibakteri, cranberry juga mengandung senyawa antioksidan. Cranberry bahkan mengandung konsentrasi antioksidan tertinggi di antara 24 jenis buah yang sering dimakan.


Sayuran Cruciferous atau Silangan
Sayuran yang masuk dalam kelompok ini umumnya hadir dengan rasa pahit. Beberapa sayuran yang masuk ke dalam kelompok ini di antaranya brokoli, kubis Brussel, kubis, kangkung, dan lobak. Deretan sayuran tersebut mengandung senyawa glukosinolat. Selain bertanggung jawab atas rasa pahit yang dihadirkan, senyawaini juga berperan dalam memberikan beragam manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa glukosinolat dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, glukosinolat dalam sayuran silangan juga membantu enzim hati memproses racun dengan lebih efektif.


Pare
Pare memiliki rasa yang sangat pahit. Pare umumnya banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia dan Afrika. Pare dikemas dengan fitokimia seperti triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Pare juga digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Seperti kebanyakan makanan pahit, pare kaya akan antioksidan. Senyawa ini membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.


Kulit Jeruk
Daging jeruk boleh jadi memberikan rasa yang manis atau sedikit asam. Tapi, beda halnya dengan kulit jeruk, yang justru hadir dengan rasa pahit yang mencolok. Kulit jeruk mengandung flavonoid yang melindungi buah dari serangan hama sekaligus memberikan banyak manfaat kesehatan. Kulit jeruk mengandung konsentrasi flavonoid yang lebih tinggi daripada bagian buah lainnya. Jeruk memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu tubuh melawan pertumbuhan sel kanker, meningkatkan detoksifikasi, dan mengurangi peradangan.


Sumber: CNN Indonesia



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.