Sobat Souja, bagi para orang tua memiliki anak yang mempunyai sifat pemalu adalah hal yang wajar, akan tetapi jika berlebihan akan membuatnya terhambat dalam " />

Solusi Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Yang Pemalu

  • Jumat, 26/02/2021 - 10:41 WIB
Sobat Souja, bagi para orang tua memiliki anak yang mempunyai sifat pemalu adalah hal yang wajar, akan tetapi jika berlebihan akan membuatnya terhambat dalam beraktivitas bahkan menghambat perkembangannya. Banyak orangtua yang mengabaikan hal ini karena mereka menganggap seiring perkembangan usia, sifat pemalu pada diri anak akan menghilang. Namun, sikap pemalu jika tidak diatasi akan terbawa hngga anak dewasa kelak. Lantas, gimana solusi kita sebagai orang tua untuk menyikapinya? Jangan khawatir, kali ini kita mau kasih tips buat para orang tua di rumah untuk dapat mengatasi si kecil yang memiliki sifat pemalu. Langsung aja yuk kita simak informasinya di bawah ini.
 
1. Jangan Melabeli Anak Sebagai Pemalu
 
anak pemalu
Source: grid.id
Jika seorang anak disebut sebagai pemalu oleh orang lain, maka ia akan menyesuaikan dirinya dengan label tersebut. Secara tidak langsung mereka akan berpikir karena telah diberi sebutan seorang pemalu, maka ia juga akan bertindak sebagai seorang pemalu. Sebaiknya memberikan kalimat yang positif agar mereka bisa terbebas dari sifat pemalunya.
 
2. Jangan Menekannya
 
menekan anak
Source: grid.id
Jika anak menolak untuk menyapa seorang temannya, karena merasa malu untuk hal itu, maka jangan coba-coba memaksa mereka. Memberitahu mereka di depan temannya akan menyebabkan anak merasa malu dan meningkatkan tingkat kecemasan. Barulah, saat sedang berdua dengan anak, orangtua bisa memberi tahu mereka bahwa menyapa orang lain adalah hal yang menyenangkan. 
 
3. Buatlah Mereka Percaya Diri
 
percaya diri anak
Source: medkomtek.com
Jika anak sudah mulai menunjukkan perilaku lebih berani, misalnya menyapa orang dewasa dengan tepat. Jangan menarik perhatiannya pada saat itu, semisal dengan memuji tindakannya, justru ia bisa kehilangan percaya diri dan merasa cemas. Tetapi pujilah saat sedang berdua bersama mereka, katakan bahwa hal yang dilakukan adalah hal yang sangat bagus dan berani.

Nah, itu dia Sobat Souja 3 macam solusi yang bisa orang tua lakukan guna mengatasi si kecil yang sulit untuk berinteraksi dengan orang lain karena memiliki sifat pemalu dalam dirinya. Dengan demikian, si kecil dapat menjadi lebih termotivasi untuk lebih berani saat harus berinteraksi dengan sesamanya dan lingkungan di sekitarnya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.