Sobat Souja, apakah kalian sering mendengarkan musik dengan menggunakan alat bantuan headset di kuping? Jika iya, maka Sobat perlu berhati-hati nih
" />

Ketahui Macam Gangguan Telinga Akibat Sering Pakai Headset

  • Rabu, 03/03/2021 - 10:32 WIB
Sobat Souja, apakah kalian sering mendengarkan musik dengan menggunakan alat bantuan headset di kuping? Jika iya, maka Sobat perlu berhati-hati nih karena memakai headset terlalu sering ternyata juga tidak baik lho untuk kesehatan pada telingamu. Mendengarkan lagu melalui headset atau earphone mungkin menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat bekerja atau pun bersantai. Tidak bisa dimungkiri, alat untuk mendengarkan musik ini sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa saja gangguan telinga yang bisa terjadi? Yuk, kita simak langsung saja informasinya di bawah ini.
 
headset kuping
Source: cloudinary.com
 
1. Gangguan Pendengaran
Ketika Sobat menggunakan headset dengan suara melebihi 85 desibel (dB), kondisi ini bisa menyebabkan ketulian atau gangguan pendengaran. Bahkan, penggunaan di atas 15 menit juga berisiko memicu gangguan pendengaran.

2. Infeksi Telinga
Salah satu bahaya headset bagi kesehatan telinga Sobat adalah risiko infeksi telinga. Infeksi bisa disebabkan oleh penggunaan headset secara bergantian dengan orang lain karena bakteri dari telinga orang lain akan mudah berpindah ke telingamu, begitu pun sebaliknya.

3. Sensasi Nyeri Di Telinga
Penggunaan headset dapat menjadi penyebab gangguan telinga berupa nyeri. Orang-orang yang punya kebiasaan menggunakan headset biasanya mengeluhkan nyeri di telinga. Nyeri tersebut terkadang berupa rasa tajam atau suara bising yang dirasakan di dalam telinga.

4. Gangguan Otak
Bahaya menggunakan headset terhadap kesehatan yang harus Sobat perhatikan adalah gangguan pada otak. Paparan jangka panjang terhadap suara keras dapat menyebabkan gangguan otak dalam menerima sinyal suara.

5. Vertigo
Lama kelamaan, menggunakan headset tanpa aturan dapat menyebabkan keluhan pusing berputar atau vertigo. Gejala ini jangan sampai terjadi ya Sobat karena memiliki efek samping yang bahaya lho bagi kesehatan kita!
 
gangguan telinga
Source: cloudinary.com
Nah, itu dia Sobat beberapa macam gejala yang bisa kalian alami jika terlalu sering menggunakan headset di kuping saat mendengarkan sebuah lagu. Meskipun bahaya, namun Sobat tetap masih bisa memakainya kok namun hanya dibatasi saja waktu penggunaanya dan mengatur volume di posisi rendah agak tidak terlalu kencang saat dipakai. Semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Klikdokter.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.