4 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit

  • Sabtu, 06/03/2021 - 12:24 WIB
Hai, Sobat Souja! Produk air mawar (rose water) cukup sering kita lihat di pasaran. Namun, apakah kamu sudah tahu apa manfaat dari air mawar? 

Melansir Healthline, air mawar dibuat dengan cara menyuling kelompak mawar dengan uap. 

Karena baunya yang harum, air mawar juga kerap digunakan sebagai pengganti parfum yang mengandung kimia. 

Tak hanya itu, air mawar juga banyak digunakan secara tradisional dalam produk kecantikan serta produk makanan dan minuman. 

Ternyata, air mawar memiliki banyak manfaat, lho, termasuk untuk kulit kita. Beberapa manfaat air mawar untuk kulit di antaranya: 

1. Menenangkan kulit yang iritasi 
 
d 
Sumber: Tree Hugger 

Kandungan anti-peradangan yang kuat di dalam air mawar dapat membantu mengobati berbagai penyakit, baik internal maupun eksternal. 

Air mawar bahkan disebut mampu membantu meredakan iritasi karena eksim atau rosacea. 

2. Meredakan kemerahan pada kulit 
 
d 
Sumber: 21ninety 

Sifat anti-bakteri dari air mawar juga bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan mengurangi jerawat.

Tak hanya itu, sifat anti-peradangan yang terkandung dalam air mawar juga dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit. 

3. Mengandung antioksidan 
 
d 
Sumber: Hip & healthy 

Kelompak mawar dan minyak mawar mengandung antioksidan yang cukup kuat, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Mengaplikasikan produk dengan khasiat antioksidan yang tinggi juga bisa membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan. 

4. Mempercepat penyembuhan luka 
 
d 
Sumber: 123RF 

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Kedua sifat tersebut membantu membersihkan luka dan melawan infeksi luka serta luka bakar. 

Cara penggunaan 

Untuk mendapatkan khasiat air mawar, kita bisa membeli produk dengan kandungan air mawar atau bisa membuatnya sendiri. 

Air mawar bisa diaplikasikan ke kulit secara topikal atau mencampurnya dengan pelembab atau minyak alami, seperti minyak kelapa, baru kemudian diaplikasikan. 

Selain untuk kulit, air mawar juga punya manfaat lainnya ketika dikonsumsi, seperti meningkatkan hidrasi tubuh, mengobati gangguan pencernaan, hingga meredakan sakit tenggorokan. 

Nah, apakah air mawar ini aman? 

Air mawar secara umum aman digunakan. Tapi, jika kamu punya alergi khusus terhadap zat ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.