Sobat Souja, apakah kalian suka makan buah belimbing? Buah berwarna kuning ini juga terkenal dengan nama star fruit karena bentuknya yang menyerupai bintang " />

Nutrisi Buah Belimbing Yang Baik Untuk Kesehatan

  • Kamis, 04/03/2021 - 09:41 WIB
Sobat Souja, apakah kalian suka makan buah belimbing? Buah berwarna kuning ini juga terkenal dengan nama star fruit karena bentuknya yang menyerupai bintang ketika diiris. Belimbing, yang juga memiliki nama lain Averrhoa carambola, adalah buah yang populer dengan rasa asam dan manisnya yang segar. Nah, buah ini tak hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga kaya berbagai macam vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan dan kebutuhan gizi Sobat lho! Penasaran ada apa saja? Yuk, langsung aja kita simak informasinya berikut ini.
 
belimbing
Source: indonews.net
 
1. Meredakan Peradangan Pada Penyakit Kulit
Buah belimbing mampu memberikan manfaat mengurangi peradangan pada beberapa masalah kulit. Ekstrak belimbing dipercaya dapat mengurangi edema (pembengkakan) akibat peradangan. Jadi bagi Sobat yang memiliki penyakit kulit seperti psoriasis atau dermatitis atopik cocok banget nih untuk mengonsumsi buah belimbing ini.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C di belimbing berperan dalam pembentukan kolagen. Nah, kolagen inilah yang membantu mempercepat penyembuhan luka. Tak hanya itu, pembentukan kolagen yang terganggu akibat kekurangan vitamin C juga mampu mengakibatkan jaringan penghubung pada tubuh melemah. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi buah belimbing ya!

3. Mengontrol Kadar Gula Darah
Menariknya lagi, manfaat kesehatan lainnya yang bisa Sobat dapatkan dari buah belimbing adalah kadar gula darah yang terjaga.Serat yang ada di dalam buah ini membantu memperlambat penyerapan glukosa sehingga tubuh Anda mampu mengendalikan kadar gula darah.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan
Apabila Sobat sering kali mengalami masalah pencernaan yang kurang lancar, seperti sembelit, buah belimbing bisa menjadi solusinya. Jenis serat yang ada di dalam belimbing adalah serat tak larut air alias insoluble fiber. Tak hanya untuk yang sering menderita sembelit, belimbing juga bermanfaat bagi Sobat yang ingin bisa buang air besar (BAB) dengan lancar dan teratur.

5. Mencegah Maag
Bagi Sobat yang sering mengalami gangguan maag, maka kalian bisa mencoba mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Hal ini berkat manfaat dari kandungan antioksidan di dalam buah belimbing, terutama flavonoid. Antioksidan membantu memperkuat lapisan dalam lambung sehingga mencegah timbulnya luka pada lambung.
 
manfaat belimbing
Source: cloudinary.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam manfaat bagi kesehatan yang bisa kalian dapatkan jika rutin mengonsumsi buah belimbing. Selain lezat, ternyata buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, lho! Buah ini biasanya kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam sajian makanan seperti rujak maupun jus buah. Yuk, mari rutin mengonsumsi buah belimbing Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.