Ingin Panjang Umur? Yuk, Jalanin 5 Hobi ini!

  • Kamis, 04/03/2021 - 09:41 WIB
Sobat Souja, menjalani hobi merupakan bagian penting yang membuat seseorang merasa bahagia. Beberapa hobi bahkan disebut bisa membuat umur lebih panjang. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa hobi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan, utamanya bagi kesehatan mental. Hobi dapat membantu kamu mengatasi stres berkepanjangan. Melalui alur sedemikian rupa, hobi diklaim dapat membuat seseorang panjang umur.  Berikut ada beberapa hobi yang membuat panjang umur, menurut sains, mengutip Money Talk News, disarikan oleh CNN Indonesia. 


Menjadi Sukarelawan
Salah satu cara terbaik untuk membuat diri tetap tersenyum adalah dengan membantu orang lain dengan tulus. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology ini menemukan bahwa menjadi sukarelawan dapat memperpanjang angka harapan hidup. Namun, American Psychological Association memberikan catatan khusus untuk hal tersebut. Hasilnya, para peneliti berspekulasi bahwa motivasi yang tepat menjadi kunci dari hasil yang maksimal dari menjadi seorang relawan. Dengan motivasi yang baik, seorang relawan akan terhindar dari stres.


Membaca
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex, Inggris, menemukan bahwa membaca buku dan melarikan diri ke dunia lain dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Agar mendapatkan hasil terbaik, penelitian merekomendasikan untuk membaca setidaknya selama 6 menit dalam sehari. Membaca disebut efektif dalam menangkan saraf. Saat membaca, para psikolog mengatakan, pikiran seseorang terkonsentrasi pada apa yang dibacanya. Cara ini dinilai dapat meredakan gangguan ketegangan di otot dan jantung.


Berkebun
Beberapa penelitian menunjukkan, aktivitas fisik seperti berkebun dikombinasikan dengan suasana hijau yang menenangkan dapat meningkatkan angka harapan hidup. Sebuah penelitian di Australia menemukan, risiko demensia pada orang lanjut usia menurun 36 persen dengan berkebun. Demensia menjadi masalah kesehatan utama pada orang lanjut usia. Selain itu, sebuah studi dari Harvard University juga menemukan bahwa wanita yang tinggal di tengah area kebun yang subur memiliki tingkat kematian yang rendah.


Memasak
Makanan restoran dan olahan telah dikenal akan dampak buruknya terhadap kesehatan. Makanan olahan berisiko memicu penyakit seperti diabetes dan beragam masalah kardiovaskular. Alih-alih demikian, meracik masakan sendiri membuat seseorang cenderung lebih sehat. Para peneliti dari University of Washington mencatat, kebiasaan memasak di rumah membuat seseorang lebih patuh dan hati-hati dalam memilih makanan yang bernutrisi.


Mendengarkan musik
Sebuah studi dari University of London menemukan, menghadiri konser secara teratur dapat memperpanjang angka harapan hidup. Studi juga menemukan bahwa mendengarkan musik selama 20 menit saja dapat meningkatkan kesehatan mental hingga 21 persen.


Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.