5 Olahan Kreatif Memasak Bayam Selain Sayur Bening

  • Selasa, 06/04/2021 - 08:35 WIB
Hai, Sobat Souja! Bayam jadi salah satu jenis sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral. Melansir dari Health, sekitar 300 gram bayam mengandung 20 kalori, 2 gram protein, 3 gram karbohidrat, dan 2 gram serat. Selain itu, bayam menyediakan 160 persen kebutuhan vitamin A harian, sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C, 45 persen folat, 15 persen zat besi dan magnesium, 10 persen potasium dan 6 persen kalsium.

Kandungan nutrisinya akan memberikan aneka manfaat kesehatan. Namun, bayam yang diolah menjadi sayur bening terus-menerus mungkin bakal membosankan. Agar konsumsi bayam makin menyenangkan, ada beberapa ide memasak bayam yang patut dicoba.

1. Saute bayam
 
s 
Sumber: The Mom 
 
Teknik memasak saute akan menghasilkan masakan yang ringkas dalam waktu cepat. Metode ini mirip dengan tumis tetapi lebih kering, menggunakan sedikit minyak dan panas tinggi.

Melansir dari One Green Planet, Anda bisa mengolah saute bayam dengan bawang putih, minyak zaitun dan sedikit perasan lemon. Anda pun bisa menambahkan bahan lain semisal daun bawang atau seledri untuk menambah aroma. Saat penyajian, bisa ditambahkan protein semisal dengan bacon atau potongan dada ayam yang sudah dipanggang dengan butter.

2. Bayam rebus atau kukus
 
d 
Sumber: Cookpad 

Kedua metode ini membuat Anda tidak perlu melibatkan minyak dan olahan terbilang lebih sehat. Melansir dari Better Homes and Garden, merebus atau mengukus bayam hanya memakan waktu singkat yakni sekitar 3-5 menit.

Biasanya bayam yang sudah matang bisa dikonsumsi bersama sayuran rebus lain misalnya wortel, buncis, atau kentang.

Nikmati bersama dressing salad (balsamic, minyak zaitun atau mayones), kemudian bisa juga dinikmati layaknya lotek atau gado-gado dengan menambahkan saus kacang, pecel sayur, atau bahkan dengan tambahan bumbu urap yang nikmat. Kadang bayam rebus pun nikmat disantap sebagai lalapan dengan sambal mentah dan nasi panas. 

3. Creamed spinach
 
 d
Sumber: The Spruce Eats 
 
Bayam yang selama ini dipandang sebagai sayuran pahit bisa diolah jadi lebih gurih dan creamy. Solusinya dengan mengolahnya menjadi creamed spinach atau bayam krim. Bahan-bahannya mudah seperti, bawang putih, bawang bombay, butter, whipping cream, garam, lada, dan pala.

Untuk 20 ons bayam memerlukan setengah bawang bombay cincang, 2-3 siung bawang putih cincang, 2 sendok makan butter, 128 ml whipping cream, setengah sendok makan lada segar giling, seperempat sendok makan garam dan seperempat sendok makan pala bubuk.

Setelah bayam direbus dan ditiriskan, sisihkan dan siapkan campuran krim. Mulai dengan menumis bawang bombai dan bawang putih sekitar 5 menit. Masukkan bumbu-bumbu dan whipping cream, panaskan hingga mengental. Kemudian masukkan bayam dan aduk sembari menambahkan lada atau garam jika diperlukan.

4. Omelet
 
s 
Sumber: Indozone.id 

Telur adalah bahan yang sangat 'terbuka' untuk diolah bersama bahan makanan lain. Bayam pun cocok diolah bersama telur menjadi omelet bayam. Agar semakin segar, tambahkan potongan tomat ceri dan potongan cabe. Jangan lupa lada dan garam agar makin nikmat disantap. Sebagai sarapan, sajikan omelet bersama roti gandum panggang atau semangkuk oatmeal.

5. Pasta dan bayam
 
d 
Sumber: NYT Cooking 
 
Pasta biasanya dipadukan dengan saus Bolognese yang gurih segar atau saus krim yang pekat. Untuk kali ini, coba saja memadukan bayam dengan pasta.

Olahan aglio olio yang sederhana dengan bawang putih dan minyak zaitun misalnya. Saat pasta sudah bercampur rata, bayam masuk dan tumis hingga agak layu. Pasta dengan krim pun bisa ditambah bayam rebus sebagai topping.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.